oleh

Perlu Ada Solusi Jangka Pendek Sebagai Stimulus Perbaikan Ekonomi Riau

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau menekankan perlu ada solusi jangka pendek, dilakukan instansi terkait di lingkungan Pemprov Riau sebagai stimulus perbaikan ekonomi daerah.

Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Riau, Defrizon mengatakan, solusi jangka pendek itu sebenarnya bisa dilakukan oleh dinas dan badan yang bersentuhan langsung dengan upaya merangsang pertumbuhan ekonomi daerah.

“Misalnya dari Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura. Mereka bersentuhan langsung dengan perkebunan masyarakat dan perusahaan sawit. Langkah untuk menjajaki solusi jangka pendek bisa ditempuh dengan melibatkan elemen ini,” katanya, Minggu (14/5/2017).

Dia menambahkan, dengan melakukan pertemuan dengan pihak terkait bisa dirumuskan kembali sektor apa selain sawit, bisa menjadi alternatif bagi masyarakat untuk dikembangkan, terutama di sektor perkebunan sendiri.

“Misalnya ada semacam upaya bagaiman hasil panen sawit masyarakat bertambah. Atau dengan melakukan tanaman lain di antara kebun sawit, yang itu juga bisa memberikan income bagi masyarakat,” tambahnya.

Menurutnya, karena Riau masih terganjal RTRW untuk mengembangkan investasi, maka perlu ada semacam alternatif lain. Kinerja untuk menarik investasi itu lebih kepada pengembangan dari turunan.

“Karena hal seperti ini, nilai tambahnya juga cukup besar dan bisa mendongkrak perbaikan ekonomi Riau tahun ini,” ujar Defrizon. (Sc3)