oleh

Pejuang Asal Kampar Mahmud Marzuki Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional

-News-63 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pejuang asal Kabupaten Kampar, Mahmud Marzuki kembali diusulkan menjadi Pahlawan Nasional ke presiden melalui Kementerian Sosial.

Pemprov Riau sudah mengirikan berkas usulan hasil seminar akhir tahun lalu, pada 28 April 2017 ke presiden melalui Kemensos.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Syarifuddin AR mengatakan, pengusulan ini sudah sewajarnya karena Mahmud Marzuki sejak lama diusulkan menjadi pahlawan nasional, namun tertunda terus.

“Sebenarnya ada dua usulan calon pahlawan daerah yang selayaknya didaulat jadi pahlawan Nasional asal Riau. Namun dari dua calon pahlawan yakni  Nara Singa II dari Indragiri Hulu dan Mahmud Marzuki  asal Kampar, yang terakhir namanya diprioritaskan jadi pahlawan Nasional,” ujar Syarifuddin, Minggu (14/05/2017).

Selanjutnya setelah dikirim ke pusat maka tim gelar pahlawan nasional akan turun melakukan verifikasi ke Riau. “Kita harapkan berkas ini bisa diverifikasi cepat,” tuturnya pula.

Dia menyebutkan, proses pengusulan nama pahlawan yang satu ini sudah dilakulan sejak 2008 bahkan pernah diseminarkan. Namun kala itu Pemkab Kampar tidak langsung melengkapi berkas ke Provinsi Riau hingga tertunda dan baru diusulkan lagi 2016 dan dilengkapi berkasnya.

Kemudian Tim Pengkaji Peneliti Gelar Pahlawan Daerah (TP2GD) Riau mencoba menghidupkan lagi dan mengkaji berkas tersebut.

“Tim terdiri dari unsur sejarawan,akademisi, tokoh masyarakat diharapkan bisa menimbulkan seluruh dokumen sejarah perjuangan pahlawan nasional ini termasuk rekomendasi dan foto-foto,” bebernya.

Ia menambahkan ada beberapa pahlawan daerah Riau yang dinobatkan jadi pahlawan Nasional seperti Tuanku Tambusai, Sultan Syarif Khasim, kemudian baru-baru ini Tengku Sulung yang mendapat mahkota bintang Maha Putra.

“Bahkan ada yang tidak terdata di Riau tetapi mereka sudah didaulat jadi pahlawan Nasional dan diberikan bintang anugerah oleh Presiden Soekarno sebagai tokoh bersejarah asal Meranti,” tambahnya.

Kini TP2GD Riau juga sudah mulai melakukan inventarisasi bagi semua data tokoh pejuang dan pahlawan asal daerah Riau untuk mendapat penghargaan dan jasa nama pahlawan baik secara daerah maupun nasional. (*)