oleh

Pemko Pekanbaru Belum Atur Rumah Makan Selama Ramadan

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru belum mengatur jadwal operasional rumah makan dan tempat hiburan selama bulan suci Ramadan. Biasanya menjelang masuk bulan puasa, walikota menerbitkan surat edaran terkait hal itu.

Di konfirmasi terkait hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, M Noer menyampaikan, penerbitan SE tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kemarin kita sudah menggelar rapat muspida plus. Saya sudah perintahkan OPD terkait agar itu dijadikan bahan penerbitan SE. Apakah nantinya perlu diadakan lagi pembahasan lanjutan, tergantung OPD terkait,” ujar M Noer, Selasa (16/05/2017).

Selanjutnya, disinggung apakah ada perubahan-perubahan item dalam SE tersebut, Sekda menjelaskan akan dilakukan sesuai kondisi, intinya menghormati bulan suci ramadhan dan menghargai umat islam yang sedang berpuasa, demi terjaganya ketentraman dan kerukunan umat beragama.

Untuk diketahui, dalam SE terbitan tahun -tahun sebelumnya, diatur tentang waktu operasi tempat hiburan dan rumah makan. Selain itu juga ada imbau kepada pengurus masjid untuk meningkatkan aktivitas dakwah.

Sementara untuk pusat perbelanjaan atau mal diminta untuk menggemakan lagu-lagu Islami selama pengoperasian. Selanjutnya imbauan kepada remaja-remaja untuk menjauhi segala perbuatan dan perilaku yang dapat merusak kesucian bulan Ramadan. seperti, balap balapan, membunyikan petasan, asmara subuh, dan kegiatan sejenis lainnya. (*)