oleh

Pemkab Inhil Akan Kucurkan Dana APBD Untuk Pembangunan Tanggul Mekanik

INDRAGIRIHILIR – Tanggul mekanik sepanjang 332,8 km akan di bangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) pada tahun 2017.
Tanggul mekanik ini nantinya akan tersebar di 19 kecamatan di Inhil dan dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Inhil.

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Inhil Tantawi Jauhari melalui Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana Disbun Inhil, Ngadiyo S.ST. M. MA menuturkan, dana yang dikucurkan kurang lebih Rp. 6,5 miliaran. Anggaran ini nantinya akan diserahkan kepada pemerintah kecamatan untuk dikelola bersama masyarakat dengan pola swakelola dan swadaya masyarakat.

“Dalam hal ini Disbun Inhil membantu operasional seperti bahan bakar minyak (BBM) dan perawatan untuk eskavator bantuan Pemkab Inhil melalui dana bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau yang akan diserahkan kepada pihak kecamatan dan nantinya akan di operasikan untuk pembangunan tanggul mekanik tersebut. Kalau untuk perintisan batang kelapa menjadi tanggung jawab masyarakat,” ungkap Ngadiyo diruang kerjanya Kantor Disbun Inhil Tembilahan, Selasa (21/3/2017).

Melalui pola Swakelola dan swadaya ini, lanjut Ngadiyono lagi, Pemerintah bisa bekerjasama dengan masyarakat atau kelompok tani dengan tujuan swakelola ini antara lain, memanfaatkan alat eskavator yang ada dikecamatan, sebagai efisiensi anggaran dibanding dengan sistem kontraktual lebih besar memakan anggaran dari swakelola, melibatkan partisipasi masyarakat, percepatan program penyelamatan kebun masyarakat.

“1 km pembangunan tanggul memakan biaya sekitar Rp. 25 juta per km. Melalui pola swakelola ini ditargetkan dalam satu tahun dapat terbangun kebun masyarakat sepanjang 330 km pertahun. Kalau pola kontraktual satu tahun baru terbangun 100 km,” tandasnya.(Adv)