oleh

Alasan Kenapa Hewan Peliharaan Bisa Meredakan Stres

SALISMA.COM – Apakah anda sering mengalami stres? Jika iya, untuk mengobatinya adalah dengan relaksasi atau meditasi. Apakah anda tau kalau hewan peliharaan bisa meredakan stres?

Berikut ini adalah alasan kenapa hewan peliharaan bisa meredakan stres seperti yang di lansir brilio:

1. Hewan peliharaan bisa jadi mood booster
Buat kamu yang memang pencinta hewan, mau tidak mau pasti tergoda saat mereka bermanja-manja sama kamu. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa seorang pria pengidap AIDS mengalami penurunan tingkat depresi saat dia memiliki hewan peliharaan.

2. Ampuh mengontrol tekanan darah ketimbang obat-obatan
Efek obat-obatan adalah mengurangi tekanan darah namun tidak dapat mengendalikan lonjakan tekanan darah akibat stres dan ketegangan. Namun sebuah studi terhadap kelompok pialang saham New York yang menderita hipertensi menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan hewan peliharaan mengalami tekanan darah dan denyut jantung yang stabil ketimbang yang tidak.

Maka tidak heran, bagi kelompok uji coba yang tidak mendapatkan hewan peliharaan akhirnya berupaya mendapatkan hewan peliharaan untuk mengatasi hipertensi mereka.

3. Partner oke buat olahraga
Kamu yang punya hewan peliharaan khususnya anjing, bisa banget lho diajak lari pagi. Dengan mengajak si gukguk, kamu nggak akan khawatir olahraga sendirian. Selain bisa meningkatkan kebugaran tubuhmu, lari pagi bisa bikin suasana hatimu semakin baik.

4. Punya hewan peliharaan bikin kamu semakin gaul
Bagaimana tidak? Kalau kamu punya hewan peliharaan, bisa lho kamu ikutkan ke komunitas pencinta hewan. Dengan begitu kamu bertemu dengan orang baru, dapat teman baru pula. Siapa tahu bisa dapat gebetan juga untuk yang jomblo. Stres karena jomblo bisa hilang, bukan? Uhuk!

5. Hewan peliharaan sebagai pengusir kesepian dan pendengar setia
Beberapa orang mungkin tidak suka bergaul dengan banyak orang, bahkan bisa jadi mengisolasi diri dari lingkungan sosial. Nah, punya hewan peliharaan dapat mengatasi rasa kesepian mereka. Hewan peliharaan, misal anjing dan kucing, menawarkan rasa kasih sayang dan persahabatan yang kadang tidak bisa diberikan sesama manusia.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang bisa mengalami penurunan stres ketika bersama hewan peliharaan ketimbang dengan teman atau bahkan pasangan yang suportif sekalipun.