Disokong Dana dari Bank Riau Kepri, Pangkas Idola Terus Berkembang

SALISMA.COM (SC)– Asmi Zarwan sedang duduk di kursi panjang tokonya. Asmi begitu biasa ia disapa tengah menunggu langganan agaknya.

Siapa sangka ternyata Asmi merupakan satu dari 20 orang finalis UMKM award Bank Riau Kepri Tahun ke 8 Tahun 2016. Asmi sudah menjadi nasabah dari Capem Ujung Batu, Rokan Hulu sekitar tujuh tahun lalu.

Kepada tim Perniagaan Asmi bercerita awal ‘berjodoh’ dengan Bank Riau Kepri. “Waktu itu ada kenalan orang Bank Riau Kepri, menawarkan pinjaman untuk bantual modal,” sebut pemilik usaha bermerek Pangkas Idola ini.

Asmi yang sewaktu itu memang sedang butuh suntikan dana segar tidak langsung mengiyakan. Namun setelah dipikir matang-matang akhirnya Asmi mencoba meminjam di Bank Riau Kepri. “Waktu itu tahun 2012, pinjaman pertama Rp 30 juta yang saya ajukan. Dan itu disetujui langsung,” katanya.

Selama proses peminjaman, Asmi tidak alami kendala. “Karena persyaratannya tidak ribet, tidak seperti bank lain. Saya sebelumnya sudah pernah coba ke bank lain tetapi tidak semudah Bank Riau Kepri,” terangnya.

Dana Rp 30 juta itu diperuntukkan untuk pembenahan lokasi usaha. Sebab ketika itu lokasi Pangkas Idola masih kayu papan, sehingga diperlukan tempat yang representatif agar pelanggan nyaman pangkas rambut. “Untuk kontrakan usaha. Jadi setelah bersama Bank Riau Kepri kemajuan tempat usaha lumayan pesat lah. Sangat terbantu,” ujar ayah dari tiga anak ini.

Pangkas Idola sudah berusia 10 tahun. Hingga saat ini Pangkas Idola sudah ada beberapa cabang. “Ada dua cabang lain, yang kelola adek sama paman. Jadi sudah ada tiga sekarang,” ujar lelaki asal Solok, Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Pangkas Idola setelah mendapat kucuran dana dari Bank Riau Kepri juga berpengaruh pada peningkatan omzet. “Asmi katakan kini usaha Pangkas Idolanya bisa beromzet Rp 6,5 juta hingga Rp 7 juta per bulan. Kalau sebelum pinjaman paling tinggi Rp 4 juta,” katanya.

Asmi berharap kedepannya Bank Riau Kepri bisa terus membantu UMKM baik di Riau atau Kepri. Sebab UMKM selama ini acap kali terkendala pada permodalan atau dana segar untuk pembenahan atau meluaskan segmentasi usahanya. “Sekarang alhamdulillah Bank Riau Kepri sudah maju dan berharap bisa lebih maju lagi,” harap Asmi.(tim)