oleh

Usain Bolt Akan Gantung Sepatu

-Olahraga-11 views

SALISMA.COM –  Usain Bolt, atlet lari berusia 29 tahun mempertimbangkan untuk menutup kariernya di Olimpiade Rio de Janeiro tahun depan. Atlet asal Jamaika itu mengatakan bahwa ia tak lagi menemukan kesenangan ketika berlari yang bisa memotivasinya untuk menjadi juara dunia.

“Saya benar-benar ingin berlari di London,” kata Bolt seperti dikutip dari The Times. “Namun saya pikir olahraga ini sudah tidak lagi menyenangkan seperti dulu. Ini sangat melelahkan dan saya tak bisa menikmatinya karena saya harus mengorbankan banyak hal.”

Bolt baru saja memenangi dua medali emas di Kejuaraan Dunia 2015 di nomor 100 meter dan 200 meter. Meski tak memecahkan rekor dunia, catatan waktu Bolt lebih cepat dari pelari yang mendominasi dunia atletik dalam satu tahun terakhir, Justin Gatlin.

Dua gelar tersebut membuat koleksi medali emas Kejuaraan Dunia milik Bolt menjadi 10 buah. Ia masih berpeluang menambah satu lagi karena akan berlaga di nomor estafet 4×100 meter bersama tim Jamaika.

Sebagai salah satu pelari terbaik sepanjang sejarah, Bolt juga mengantongi enam medali emas Olimpiade dan tercatat sebagai satu-satunya pelari di dunia yang mampu menyandingkan rekor dunia 100 meter dan 200 meter.

Tapi raihan tersebut tidak didapat dengan mudah. Bolt yang memiliki scoliosis sejak masih remaja harus menjalani mandi es dan diet ketat untuk bisa bersaing menjadi seorang pelari.

Seiring dengan bertambahnya usia, Bolt enggan menjalani kehidupan seperti itu lagi. Ia lalu menyerahkan keputusan untuk mengikuti Kejuaraan Dunia 2017 kepada pelatihnya, Glen Mills.

“Sponsor saya meminta agar saya berlari satu tahun lagi,” kata Bolt. “Tapi pelatih saya berkata, ‘Dengar, jika kamu tidak akan serius mengikuti Kejuaraan Dunia di London, maka lebih baik tidak usah saja.”

Menurut Bolt, keputusan untuk gantung sepatu akan bergantung pada perasaannya seusai menjajal Olimpiade 2016.

(cnnindonesia)