oleh

Promosikan Wisata Lokal, Disporapar Inhu Siapkan Empat Festival

SALISMA.COM (SC), RENGAT – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Indragiri Hulu terus berupaya mempromosikan pariwisata daerah melalui sejumlah kegiatan. Seperti tahun ini akan digelar empat iven pariwisata hingga akhir tahun 2017.

“Empat iven yang tengah kita persiapkan itu merupakan ajang promosi wisata lokal dengan anggaran dari provinsi. Yakni Festival Tembulun, Festival Meduyan, Festival Kuliner Khas Inhu, dan Festival Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) atau yang dulu dikenal dengan Festival Batang Gansal,” ujar Kepala Bidang Pariwisata di Disporapar Inhu, Ahmad Fahmi, Kamis (14/09/2017).

Dia menjelaskan, Festival Tembulun akan digelar di Desa Pejangki. Karena di desa tersebut ada air terjun alami yang dinamakan Air Terjun Tembulun berasap. “Festival ini merupakan pertama kali diselenggarakan di sana. Sebelumnya masyarakat setempat sudah menyelenggarakan kegiatan serupa,” beber Fahmi.

Menurut Fahmi bila mengacu pada pengajuan semula dan yang telah disetujui bantuan keuangan yang akan dikucurkan untuk menyukseskan Festival Tembulun mencapai Rp 125 juta. Diperkirakan kegiatan tersebut paling lambat digelar pada November 2017.

Iven selanjutnya Festival Meduyan di Danau Meduyan, Desa Kota Lama. Kemudian Festival Kuliner untuk memperkenalkan makanan khas Inhu dan Festival TNBT.

“Nama TNBT sebelumnya sudah dikenal banyak orang. Nah, ini bisa menjadi peluang untuk pengelolaan pariwisata,” katanya.

Untuk tiga festival tersebut, hingga kini Disporapar masih belum menentukan waktu.

Terpisah, Kades Pejangki, Atan Puji menyampaikan, pihaknya sudah lama mengelola objek wisata Air Terjun Tembulun Berasap sebagai objek wisata unggulan daerah. Di antaranya membentuk masyarakat yang sadar wisata dengan cara menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, aparat desa juga sudah melakukan perbaikan terhadap sejumlah fasilitas umum seperti jalan dengan menggunakan dana desa. (*)