oleh

TAPD Tak Lengkap, Pengesahan APBD Pekanbaru Terancam Molor

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Banggar DPRD Pekanbaru pesimistis pembahasan APBD-Perubahan tuntas sesuai target pada 30 September 2017. Sebab, hingga medio September ini, pihaknya belum mulai membahas anggaran bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Dalam pekan ini saja tiga kali kita undang rapat, tapi tidak pernah lengkap TAPD. Parahnya lagi, Rabu kemarin, satu pun TAPD yang datang. Padahal sudah kita undang resmi,” kata Penanggung Jawab Banggar DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga SE, Kamis (14/09/2017).

Dijelaskannya, hari pertama Senin kemarin, Plh Sekdako dan Plt BPKAD meninggalkan rapat. Hari kedua, Selasa bertambah parah, dinas-dinas yang menjadi dapur anggaran tidak hadir. Puncaknya Rabu kemarin, tidak satu pun yang hadir. Tidak ada alasan TAPD terkait hal itu.

Namun dari informasi yang didapatkan, pemko melaksanakan acara Musrenbang dan mutasi eselon III dan IV pada hari yang sama. Seharusnya, mereka menyurati DPRD tentang kegiatan ini.

“Kita belum bisa pastikan rapat Banggar lagi. Lihat kesiapan pemko bisa menghadirkan TAPD lengkap. Karena sampai hari ini, TAPD tidak siap. Terutama dalam memaparkan serapan anggaran, pajak, retribusi dan perolehan dana alokasi,” sebut Jhon Romi.

Meski demikian, DPRD tetap membukukan administrasi undangan rapat APBD-P sehingga bisa dijelaskan ke pihak terkait nantinya. Baik pemerintah pusat, BPK dan lainnya. Dengan terus ditundanya pembahasan, dikhawatirkan pengesahan APBD-P 2017 dan APBD murni 2018 molor. (*)