oleh

Kapolda Riau: Siswa Dilarang Bawa Motor ke Sekolah

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Brigjen Pol Nandang memimpin peringatan Hari Uang Tahun (HUT) ke-62 Polisi Lalu Lintas di Aula Brimob, Pekanbaru, Jumat (22/9/2017). Kegiatan ini dihadiri suluruh pejabat utama beserta kapolres serta jajaran.

Kapolda menekankan pentingnya menjaga ketertiban berkendara dan mematuhi peraturan lalulintas. Kecelakaan di jalan raya dapat dihindari dengan berkendara secara baik serta mematuhi aturan.

“Jangan sampai kia meninggal sia-sia. Kalau kecelakaan Lalulintas, itu namanya meningal sia-sia. Supaya tidak terjadi, maka ketertiban menjadi salah satu kunci utama,” pesan kapolda.

Kapolda juga berpesan kepada anggotanya untuk meningkat pelayanan kepada masyarakat. Polisi diminta lebih rajin ke lapangan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Lebih lanjut, Kapolda mengajak jajarannya meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan bermotor. Hal ini penting untuk keselamatan berlalu lintas.

Menurut Nandang, penyuluhan sangat penting mengingat kebiasaan masyarakat yang lebih suka mendengar daripada membaca. Apalagi dengan banyak aturan, sehingga perlu digiatkan lagi penyuluhan.

Pada kesempatan itu, Kapolda Riau, Brigjen Pol Nandang mengimbau masyarakat tidak membiarkan anak-anak mereka membawa kendaraan. Orang tua harus betul-betul mengawasi.

“Pelajar SMP dan SMA belum boleh mengendarai kendaraan bermotor. Kalau belum punya SIM belum bisa. Karena secara administrasi dan hukum mereka belum boleh naik motor,” sebut Nandang.

Usia remaja masih dikategorikan dalam usia yang emosinya belum stabil. Ini dikhawatirkan akan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. (*)