oleh

Wabup Zardewan Ingatkan Pegawai Disdukcapil Tak Lakukan Pungli

SALISMA.COM (SC), PANGKALANKERINCI – Wakil Bupati Pelalawan Zardewan menekankan kepada para pejabat dan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) agar tidak melakukan pungli.
Apalagi dinas ini bersentuhan langsung dengan urusan administrasi kependdudukan. Seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK) serta berkas lainnya.

“Jangan ada lagi pungli-pungli seperti isu selama ini. Karena sanksi hukumnya sangat jelas. Pelayanan ke masyarakat juga berjalan dengan baik,” tegas Zardewan usai melantik sebanyak 13 pejabat administrator dan pengawas di Disdukcapil Pelalawan, Selasa (14/11/2017).

Selain mengingatkan praktik pungli, Zardewan meminta para pejabat Disdukcapil secepatnya melengkapi data pemilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau tahun 2018 mendatang.

Zardewan juga mengingatkan netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pesta demokrasi. Pasalnya dalam waktu dekat proses pilkada serentak akan memasuki tahapannya agar tercipta suasana kondusif.

“ASN di Disdukcapil juga harus menguasai perkembangan teknologi dan informasi. Kemudian mamu berinovasi dalam memberikan pelayanan kependudukan kepada masyarakat,” tukasnya.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah digelar di aula lantai II kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pelalawan. Dihadiri para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pelalawan.

Ada 13 pejabat yang dilantik di antaranya lima orang pejabat adminsitrator atau eselon IIIB yang menduduki jabatan Kepala Bidang. Dari lima orang kabid itu tiga diantaranya di Disdukcapil sedangkan selebihnya di Disparbudpora. Sedangkan pejabat pengawas mencapai delapan orang yang semuanya merupakan pejabat Disdukcapil.

“Kami berharap para pejabat yang baru bisa menjalankan tugas dengan baik sesuai tupoksi yang berlaku,” ungkap Wabup Zardewan.

Zardewan menegaskan, pelantikan ini merupakan rangkaian dari mutasi yang diselenggarakan beberapa bulan lalu oleh pemda. (*)