oleh

Kapolri Resmikan Monumen Polwan di Bukittinggi

-News-44 views

SALISMA.COM, BUKITTINGGI – Kepala Polisi Republik Indonesia , Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, pagi hari ini, Selasa (1/09/2015), meresmikan pemugaran Monumen Polwan di pusat Kota Bukittinggi, Propinsi Sumatera Barat.

“Peresmian pemugaran Monumen Polwan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Polwan Ke-67 yang terletak di Jalan Sudirman Bukittinggi,” begitu disampaikan Ketua Pelaksana Hari Jadi Polwan Ke-67, Kombes (Pol) Dewi Hartati di Bukittinggi.

Menurut polisi wanita itu, monumen ini merupakan simbol keberadaan Polwan di Indonesia dan di Kota Bukittinggi. Sebab di Kota Bukittinggi inilah cikal bakal lahirnya Polwan oleh enam orang pelopor. Acara peresmian ini, akan disaksikan 2000 lebih Polwan se-Indonesia.

“Dahulu Sekolah Polisi Negara (SPN) Polwan pertama berada di Bukittinggi. Jadi monumen ini sebagai saksi sejarah yang akan dihadiri 2000 Polwan se-Indonesia,” terang Dewi

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber keenam pelopor berdirinya Polwan pertama kali di Bukittinggi itu antara lain: Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmaniar Husein dan Roslaina Taher.

Keenam pelopor berdirinya Polwan ini kata Dewi Hartati, terpilih setelah mengikuti seleksi untuk menjadi Polwan pertama di Indonesia. Untuk mengenang sejarah itulah, maka didirikan Monumen Polwan pada tahun 1993 dan dilakukan pemugaran yang akan diresmikan Kapolri hari ini.  (khatik)