oleh

Berharap Tingkat Kematian Berkurang, Bupati Inhil Serahkan Ambulans Air ke RSUD Tengku Sulung

RETEH – Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan menyerahkan secara simbolis bantuan ambulans air kepada RSUD Tengku Sulung, Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Senin (22/1) sore.

Hal ini menjawab keluhan masyarakat yang selama ini kesulitan dalam akses transportasi menuju pusat pelayanan kesehatan.

“Masyarakat mau tidak mau harus menempuh jarak jauh menuju Tembilahan untuk berobat. Bantuan berupa ambulans air bertujuan untuk melengkapi sarana dan diyakini akan memudahkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan di sana,” ujar Wardan saat menyerahkan bantuan ambulans air kepada Direktur RSUD Tengku Sulung, Dr H Iswandi pada penutupan perhelatan MTQ ke-2 tingkat Desa Sanglar, Kecamatan Reteh.

Bupati menuturkan, minimnya akses transportasi yang dihadapi masyarakat selama ini, semakin diperparah dengan besarnya biaya untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

Hal ini membuat Bupati berpikir keras untuk mengatasi persoalan akses pelayanan kesehatan yang masuk dalam kategori kebutuhan utama bagi masyarakat.

“Maka, bersama jajaran di Dinas Kesehatan, kami bersepakat memberikan bantuan ambulans air ini untuk sekadar meringankan derita para pasien yang harus berobat,” papar Bupati.

Wardan berharap, keberadaan ambulans air benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat. Keberadaan ambulans air ini juga diharapkan bisa meminimalisir tingkat kematian yang disebabkan ketiadaan sarana transportasi khusus untuk mengakses pelayanan kesehatan.

“Saya mengharapkan masyarakat memanfaatkan ambulans air ini dengan sebaik-baiknya. RSUD Tengku Sulung juga harus dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi guna memperoleh pelayanan kesehatan,” tutupnya. (*)