Kuota Haji 2018 Kabupaten Rohul Berkurang Satu Kloter

PASIRPANGARAIAN – Kuota haji untuk Kabupaten Rokan Hulu tahun 2018 mengalami pengurangan sekitar 35 jemaah dibandingkan tahun 2017.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rohul, Drs H Syahrudin MSy mengungkapkan, kuota haji Rohul tahun 2018 ini berjumlah 420 jemaah, sedangkan tahun lalu 455 jemaah.

Walaupun demikian, dia memperkirakan jumlah jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Rohul bisa saja bertambah, menyusul adanya penambahan kuota haji sekitar 10 ribu jemaah dari pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia pada tahun ini.

“Satu kloter masih kurang. Mungkin ini akan bertambah, sebab dapat daftar tambahan 10 ribu se-Indonesia dari pemerintah Arab Saudi,” kata Syahrudin, Jumat (2/2).

Saat ini, 420 JCH Rohul tengah menjalani cek kesehatan tahap pertama di tingkat kecamatan.
Sedangkan untuk jadwal manasik diperkirakan baru akan dilakukan setelah Idul Fitri 2018.

Saat ditanya berapa jumlah daftar tunggu haji Rohul, Syahrudin menjawab sekitar 90.540 jemaah, atau 5.030 jemaah per tahun.

Untuk pemberangkatan JCH Rohul ke Arab Saudi sama seperti pemberangkatan tahun 2017, yakni tetap melalui Embarkasi Antara Riau di Kota Pekanbaru.

Syahrudin menerangkan, JCH Rohul akan diberangkatkan dari Kota Pasirpangaraian menggunakan bus pariwisata ke Embarkasi Antara di Pekanbaru. Selanjutnya, mereka diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepri.