Dinas LH Bengkalis Taja Program Bebas Sampah Selama Tiga Bulan

BENGKALIS – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis selama tiga bulan ke depan akan melaksanakan program tiga bulan bebas sampah (TBBS) di Kota Bengkalis. Pelaksanaan program ini merupakan instruksi langsung dari pihak Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK) beberapa waktu lalu.

Kepala DLH Bengkalis, Arman AA, mengatakan, untuk pelaksanaan kegiatan tersebut pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditanda tangani Bupati Bengkalis sejak awal Februari lalu. Surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut dari surang edaran KLHK pada pertengahan Januari lalu. Dimana kegiatan tersebut dalam rangka Sempena Hari Peduli Sampah 2018.

Dalam edaran yang ditandatangani bupati tersebut ditujukan kepada seluruh instansi pemerintahan Bengkalis, termasuk sekolah. selain itu juga ditujukan untuk pemilik usaha yang ada di Bengkalis. Dimana dalam surat tersebut menghimbau agar semuanya melaksanakan menjaga kebersihan sampah di daerah masing masing.

“Semua pihak diminta menjaga kebersihan dengan melaksanakan gotong royong bersama sama membersihkan lingkungan masing-masing,” kata dia.

Selain menjaga kebersihan, selama program, TBBS pemerintah juga meminta masyarakat Bengkalis dan instansi lainya untuk melakukan pemilahan sampah dari sumbernya dengan pola penggunaan kembali, mengurangi segala segala sesuatu yang mengakibatkan sampah dan mengelola kembali sampah yang ada. selain itu dalam edaran tersebut juga meminta pihak perangkat daerah seperti camat dan kepala desa mendokumentasikan seluruh kegiatan yang dilakukan selama program TBBS. Kemudian dokumentasi ini berlaporkan ke bupati.

Arman menjelaskan, program TBBS merupakan satu diantara penilaian dalam mendapatkan Piala Adipura pada tahun 2018 ini. “Kita dapat informasi dari kementerian pada tanggal 22 April nanti akan diumumkan kota terbersih dan terkotor lainnya. jadi kita berharap seluruh lapisan segera mencoba melaksanakan edaran bupati ini. sehingga Bengkalis bisa kembali meraih adipura pada tahun ini,” imbuhnya. (*)

Share