oleh

Wakil Ketua DPRD Rohil Minta Perhatikan Sektor Pertanian

SALISMA.COM, ROKAN HILIR – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) Basiran Nur Efendi SE MIP menilai keberadaan lahan pertanian di Rohil masih menjanjikan untuk terus dikembangkan ke depannya.

Sehingga diharapkan Rohil bisa menjadi salah satu sentra pertanian yang ada di Provinsi Riau. Untuk itu dirinya mendorong Pemerintah Kabupaten Rohil dapat terus mengembangkan sektor pertanian yang ada pada saat ini.

“Diharapkan pemkab Rohil mendorong peran para petani khususnya, agar pertanian yang ada di Rohil tetap bertahan dan mudah-mudahan bisa terus dikembangkan,” kata Basiran. Ia menerangkan saat ini memang telah terjadi fenomena di berbagai daerah, dimana terjadi alih fungsi lahan yang cukup besar. Karena masyarakat lebih memilih untuk menanami komoditasi lain terutama jenis kelapa sawit dibandingkan padi.

Padahal, jika dibandingkan untuk penghasilan yang diperoleh dari luasan lahan yang sama, itu terdapat perbedaan penghasilan yang lebih besar. Diyakini produksi padi lebih menjanjikan penghasilannya. Namun, di sisi lain para petani juga dihadapkan dengan kesulitan dalam pengelolaan lahan seperti menghadapi hama, perawatan tanaman padi dan berbagai masalah lainnya.

“Karena itu para petani perlu mendapatkan dukungan secara serius dan berkelanjutan,” katanya. Bantuan yang diharapkan terangnya bisa seperti pupuk, pengendalian hama, selain itu sarana prasarana untuk pertanian, irigasi serta akses yang baik di lingkungan pertanian.

Ia mendorong Pemkab Rohil agar bisa memberikan perhatian terhadap sektor pertanian. Jangan ada terkesan petani dibiarkan untuk berkembang sendiri, karena jika pertanian tersebut sudah menghadapi masalah seperti kesulitan dalam pengendalian hama bisa berakibat pada terhentinya aktivitas pertanian maupun terjadinya alih fungsi lahan secara massal.

“Kami mendorong agar hal ini diperhatikan, agar Rohil bisa menjadi sentra pertanian di sisi lain petaninya juga mengalami peningkatan kesejahteraan,” katanya. (INFOTORIAL)