Terganggu dengan Komentar Bullying di Instagram? Ini Cara Menyaringnya

SALISMA.COM (SC) – Semakin terkenal seseorang di sosial media, maka akan semakin banyak komentar yang berdatangan di kolom komentarnya. Baik itu komentar positif atau pun yang bernada negatif (bullying).

Seperti halnya salah satu sosial media yang banyak digunakan dan sering berisi komentar bullying, Instagram.

Namun kini komentar bullying itu bisa diatasi. Karena, Instagram kini meluncurkan fitur untuk menyaring komentar bernada perundungan (bullying). Fitur tersebut dikenalkan bersamaan dengan fitur baru, dalam agenda Facebook F8 Conference awal Mei ini di California.

“Kami tidak menoleransi perundungan di Instagram. Pedoman Komunitas kami telah melarang perundungan di platform ini”, tulis Co-Founder dan CEO Instagram, Kevin Systrom, seperti dilansir KompasTekno.

Penyaringan komentar bisa dilakukan dengan memilih menu “Settings” (pengaturan). Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Comment” (komentar) hingga terbuka menu “Comment control” (kontrol komentar).

Pengguna bisa langsung mengaktifkan fitur filter komentar secara otomatis di opsi “hide offensive comments” (sembunyikan komentar menyinggung).

Dengan mengaktifkan menu tersebut, Instagram akan mengandalkan algoritma untuk menyaring komentar yang kemungkinan bernada perundungan.

Penyaringan juga bisa dilakukan secara manual di menu “manual filter” (filter manual). Pengguna bisa memasukkan kata-kata yang ingin diblokir secara manual.

Bisa juga mengaktifkan opsi “use default keywords” (gunakan kata kunci default ) untuk menyembunyikan kata atau frasa yang dianggap menyinggung, dan tidak pantas di Instagram.

Khusus kata kunci default, hanya tersedia dalam bahasa tertentu. Kata kunci khusus di menu manual filter juga belum mendukung aksara tanpa spasi, seperti huruf kanji, bahasa Mandarin, dan bahasa Thailand.

Untuk menggunakan fitur baru ini, pengguna harus meng-update Instagram ke versi 43.0.0, baik di perangkat Android maupun iOS. Kebijakan soal anti perundungan ini diharapkan membuat Instagram sebagai tempat yang nyaman untuk berekspresi dan mengungkapkan diri. (**)