Dua Ratus Ribu Lebih Warga Riau Belum Rekam e-KTP, Kemendagri Beri Imbauan Percepatan Perekaman

SALISMA.COM (SC) – Saat ini ada sebanyak 3.993.733 wajib e-KTP yang sudah teralisasi. Namun setidaknya masih ada 211.617 orang dari 4.152.224 wajib e-KTP di Riau yang belum melakukan perekaman.

Jika dipersentasekan, yang sudah rekam ada 96,18 persen dan belum rekam 3,82 persen.

Menanggapi hal itu, Kemendagri membuat edaran ke daerah untuk percepatan perekaman KTP elektronik. Apalagi menghadapi Pemilihan Umum dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang proses perekaman diharuskan untuk tuntas.

Namun saat ini di daerah masih banyak yang belum melakukan perekaman KTP elektronik dan bahkan yang susah merekam namun belum dilakukan pencetakan.

Maka untuk itu Saat ini seluruh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus melaporkan secara berjenjang dari Kabupaten Kota ke Provinsi dan dari Provinsi melapor ke pusat setiap harinya.

“Salah satu kinerja Disdukcapil Dalduk KB kinerjanya diukur perekaman 100 persen dan akta lahir 90 persen dan pemanfaatan data oleh OPD. Kami melakukan exit strategi. Ini tugas jelang Pilkada dan persiapan Pilpres, “ujar Kepala Disdukcapil Pengendalian Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Riau Andra Syafril, seperti dilansir tribunpekanbaru.

Saat ini menurut Andra pihaknya melaporkan secara harian berjenjang karena diminta setiap Kabupaten disamping melakukan perekaman jika bisa disegerakan melakukan pencetakan ktp elektronik.

“Teman teman Kabupaten Kota melakukan pelayanan ke Sekolah-sekolah bekerjasama dengan Diskes, pelayanan kesehatan dan RSUD perekaman ktp dan akta kelahiran, “ujar Andra Syafril.

Kemudian pada 13 sampai 15 Mei nanti bersempena dengan kegiatan sinergitas lintas sektor (Bappeda, Bawaslu Kabupaten Kota) akan dicanangkan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA).

” Juga dilaksanakan pelayanan ktp elektronik dan pencetakan ktp elektronik di halaman hotel furaya untuk penduduk Kabupaten kota dan sejauh ini yang sudah siap Pekanbaru, Kampar, Inhu, Pelalawan, Siak dan Inhil. Kita berharap semua kabupaten akan ikut, “ujar Andra.

Ini dilakukan untuk melakukan penjemputan bola ke masyarakat agar melakukan perekaman Ktp elektronik dan hanya cukup membawa Poto Kopi kartu Keluarga.

“Disamping itu Ditjen Dukcapil akan melakukan perekaman dan pencetakan ktp el bagi warga luar Riau yang tidak memiliki ktp el, Warga luar Riau cukup bawa KK,” ujarnya.

Ditjen Dukcapil Kemendagri sendiri menyiapkan blanko KTP elektronik Sebanyak-banyaknya sehingga Berapa pun yang melakukan perekaman Ktp elektronik akan dilayani.

Baca: Cantik Seperti Barbie Tiap Hari, Berapa Biaya yang Dikeluarkan Nia Ramadhani? Tak Disangka, Ternyata

” Ini mengejar target pencapaian perekaman dan pencetakan Ktp elektronik menjadi 100 persen di Riau. Kami juga mendorong Kabupaten Kota sebagai Tekhnis untuk menggesa semuanya,” jelas Andra Syafril. (*)