Kedatangan Jokowi Dan Rekayasa Jalan Berimbas Kepada Ojek Online

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Belakangan ini, Kota Pekanbaru mengalami macet parah. Puncaknya pada Rabu (09/05/2018), pada pagi hari lalu sudah terlihat kemacetan panjang diakibatkan pengalihan jalan oleh polisi terkait dengan kedatangan Presiden Jokowi sehingga jalan harus disterilkan.

Saat jam makan siang (istirahat), sekitaran lampu merah simpang Mall SKA padat kendaraan, selain karena banyaknya kendaraan yang melintas pada daerah tersebut kemacetan juga diakibatkan karena penutupan jalan terkait dengan proyek pembangunan fly over pasar pagi arengka.

Ternyata kemacetan ini berimbas pada pengendara ojek online, banyak para driver ojek online yang menyesesalkan terjadinya kemacetan panjang ini.

“Saat macet orderan pasti meningkat dan tarif di sistem juga mengalami kenaikan, tapi saya pribadi selaku driver lebih suka jika jalanan tidak macet, karena kerjanya lebih capek jika keadaan jalanan sedang macet,” ujar Acep Pramono salah satu driver ojek online.

Semantara itu, Ono, pengendara ojek online lainnya mengungkapkan bahwa dirinya tidak mendapati masalah dengan adanya kemacetan yang terjadi akhir-akhir ini.

“Sebenarnya kami dari pihak driver ojek online tidak memiliki masalah seperti di simpang lampu merah SKA dibangun fly over dan ruas jalan di tutup dan sebagainya, tapi rekayasa jalannya tolong difokuskan agar tidak terjadi lonjakan pengguna jalan,” sebutnya.

Ono menambahkan, pengalihan ruas jalan seharusnya lebih diperhatikan kembali, karena para pengendara dari arah Transmart dan Jalan Nangka akan dialihkan ke Jalan Soekarno Hatta, sehingga terjadi kembali penumpukan di sepanjang Jalan Soekarno Hatta menuju jalan HR. Soebrantas.

“Diharapkan kepada pihak yang terkait agar dapat menyelesaikan proyek fly over secepat mungkin dan juga agar dapat memperbaiki kembali system rekayasa pengalihan ruas jalan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” harapnya.(**)