oleh

Ditemukannya Dinosaurus Jenis Raptor di Australia

-Dunia-65 views

SALISMA.COM – Arkeolog Australia akhirnya menemukan spesies baru dinosaurus pemangsa yang menjadi salah satu tertua di dunia.

Dinosaurus sejenis raptor besar itu saat ini masih dipanggil dengan sebutan si cakar petir. Nama itu dipilih karena dinosaurus ini memiliki cakar panjang berbentuk mirip pengait sepanjang 25 sentimeter!

Berdasarkan tempatnya ditemukan, di sebuah tambang kawasan utara negara bagian New South Wales, dinosaurus ini diperkirakan hidup 110 juta tahun silam. Hal itu membuat dinosaurus yang mempunyai panjang 7 meter ini disebut sebagai predator tertua di Australia.

Bahkan, bila dibandingkan dengan fosil dinosaurus raptor lain yang berasal dari Afrika dan Amerika Selatan, raptor cakar petir dari Australia lebih tua, dan kemungkinan adalah spesies raptor pertama di Bumi.

“Penemuan ini merubah anggapan jika dinosaurus dari Australia adalah keturunan dari dinosaurus asal Afrika atau Amerika Selatan. Si cakar petir mungkin adalah nenek moyang semua jenis raptor. Jadi raptor ini pertama kali muncul di Australia,” ungkap Dr. Phil Bell dari University of New England, Daily Mail (14/09).

Fosil raptor cakar petir sendiri pertama kali ditemukan oleh penambang batu opal di tambang Carter’s Rush, New South Wales, sekitar tahun 1990an.

(merdeka)