Apresiasi WTP, Dewan Tetap Bentuk Tim Evaluasi Laporan Pemprov 2017

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – DPRD Riau mengapresasi Pemprov atas   opini BPK yang mereka terima atas laporan keuangan tahun 2017. Pemprov menerima predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang merupakan predikat yang keenam yang diterimanya dengan predikat tersebut.

Ketua DPRD Riau, Septina Primawati yang memimpin rapat paripurna menyampaikan, pemeriksaan LHP ini merupakan wujud tanggungjawab terhadap pelaksanaan APBD 2017 lalu, sehingga rapat ini dilakukan sebagai tindaklanjut hasil kesepakatan Anggota VI BPK dengan Ketua DPRD Riau pada Oktober 2010 lalu.

“Kesepakatan ini juga memuat tentang tata cara penyerahan hasil pemeriksaan BPK RI kepada DPRD dan Gubernur dalam rapat paripurna istimewa,” kata Septina dalam paripurna tersebut.

Penyerahan LHP 2017 tersebut diawali dengan penandatangan berita acara LHP atas laporan keuangan Pemprov Riau tahun 2017 antara DPRD Riau dengan BPK RI dan Gubernur dengan BPK RI.

Adapun penandatangan berita acara itu dilakukan oleh Anggota V BPK RI Ismayatun, Ketua DPRD Riau Septina Primawati Rusli, dan Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.

Anggota V BPK RI, Ismayatun menyerahkan dokumen LHP Pemprov Riau tahun 2017 kepada Ketua DPRD Riau Septina Primawati dan juga kepada Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi.

Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman atau akrab disapa Dedet, mengatakan bahwa WTP ini merupakan prestasi yang diterima oleh Riau. Ini merupakan hasil kerjasama dari lembaga eksekutif dan legislatif yakni Pemprov dan DPRD Riau. “Baik pelaksanaan dan pengawasan kita berjalan dengan baik,” katanya pada Jumat (18/5/2018).
Dedet mengatakan bahwa predikat WTP ini tidak menjamin bahwa penyelenggaraan keuangan di Pemprov bersih dari maladministrasi. Untuk itu, dalam waktu dekat akan dibentuk tim yang akan mengevaluasi laporan tersebut.
“Selama dua bulan pansus tersebut akan bekerja dan hasil evaluasi akan dijadikan rekomendasi ke Pemprov Riau,” sebut Politisi Partai Demokrat ini.
Bagi Dedet pribadi, predikat WTP ini sendir bukanlah hal yang baru dan tidak mengherankan. Untuk itu ia meminta pemprov untuk tetap meningkatkan kinerja serta melaksanakn apa yang menjadi rekomendasi nantinya.(Adv)