32,9 Persen Hasil Survei Sebut Soeharto sebagai Presiden Terbaik yang Pimpin Indonesia

SALISMA.COM (SC) – Presiden Soeharto dianggap sebagai presiden yang berhasil memimpin Indonesia. Ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei IndoBarometer.

Sebanyak 32,9 persen responden sependapat bahwa Soeharto merupakan presiden yang berhasil dalam menjalankan tugasnya. “Pada tahun 2011 lalu, juga ditemukan hasil yang sama, bahwa 40,5 persen responden menyatakan bahwa Soeharto menjadi presiden terbaik,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari.

Survei IndoBarometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia dengan 1.200 responden pada 15-22 April 2018. Margin of error survei tersebut kurang lebih 2,83 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Peringkat kedua presiden yang dianggap paling berhasil yakni Sukarno dengan perolehan 21,3 persen. Kemudian disusul oleh Joko Widodo sebesar 17,8 persen, Susilo Bambang Yudhoyono sebesar 11,6 persen. “B.J. Habibie sebesar 3,5 persen, Gus Dur sebesar 1,7 persen, dan Megawati Soekarnoputri sebesar 0,6 persen,” katanya.

Selain masalah siapa presiden paling baik. Masalah ekonomi masyarakat juga banyak menjadi sorotan publik survei. Angkanya mencapai 20,4 persen. Kemudian sebanyak 9,3 persen responden menilai untuk saat ini sulit mendapatkan lapangan pekerjaan. Dan 7,8 persen menilai kasus korupsi dan nepotisme. (*/bpc/CNNIndo)