oleh

Serangga Weta Terbesar Sedunia

-Dunia-117 views

SALISMA.COM – Meskipun memiliki ukuran tubuh kecil, serangga kerapkali membuat kita merasa geli seperti kecoa atau belalang.

Bayangkan jika seandainya Anda bertemu weta raksasa, serangga yang berukuran jumbo. Dengan berat tubuh 71 gram, weta raksasa berukuran tiga kali lipat lebih besar dari tikus, dan dua kali lebih besar dari burung murai– sebagai pembanding, ukurannya sebesar marmut.

Weta, yang sebelumnya dianggap telah punah, ditemukan oleh seorang ilmuwan, Mark Moffet. Serangga itu ditemukan di sebuah pohon di New Zealand, dan dijuluki Bugs Bunny karena kesukaannya terhadap wortel ini, dinyatakan serangga weta terbesar yang pernah ditemukan.

Moffet dan tim-nya menemukan serangga yang berbentuk mirip jangkrik ini setelah dua hari pencarian di sebuah pulau. Hewan ini hanya ditemukan di Little Barrier Island, walaupun ada 70 spesies Weta lainnya yang lebih kecil tersebar di seluruh negara.

Weta berukuran besar sudah punah dari mainland, karena tikus-tikus yang secara tidak sengaja didatangkan dari Eropa.

Setelah Moffett menemukan weta ukuran raksasa tersebut, ia memberinya makan wortel sebelum mengembalikannya ke alam liar.

“Kami berjalan di jalan setapak pulau selama dua malam, meneliti vegetasi untuk weta ukuran raksasa. Selama berjam-jam pencarian kami sia-sia. Lalu saya menemukannya di atas pohon.” Ungkap Moffet dikutip liputan6

“Ia sepertinya mampu menghabiskan satu wortel dalam waktu cepat. Namun weta raksasa langka dan kami tidak mau mengambil resiko ia terkena indigestion.” Ungkap Moffett.

Weta merupakan hewan dengan Order yang sama dengan belalang, Orthoptera, walaupun weta raksasa merupakan hasil endemik Island Gigantism, alias meningkatnya ukuran jenis hewan-hewan tertentu yang habitatnya terisolasi.