MOTOGP2018, Marquez Juara di GP Belanda

SALISMA.COM – Marc Marquez berhasil menjuarai GP Belanda, Minggu (1/7/2018) dalam balapan yang berlangsung seru. Pebalap Suzuki Alex Rins dan pebalap Yamaha Maverick Vinales menyusul di tempat kedua dan ketiga. Gelaran GP Belanda dimulai dengan cuaca cerah.
Marquez yang berada di depan langsung melesat di tikungan pertama diikuti duo pebalap Ducati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Belum genap putaran pertama selesai, Lorenzo berhasil meraih posisi pertama dari Marquez. Valentino Rossi yang sempat tercecer di posisi keempat perlahan mengambil tempat ketiga. Saling salip terus terjadi di putaran awal.
Marquez yang sempat ada di depan berhasil disalip kembali oleh Lorenzo dan Rossi, Ini membuat panggung utama praktis diambil alih oleh tiga pebalap tersebut di posisi 1, 2 dan 3.
Peristiwa kecil terjadi di putaran kelima. Lorenzo nampak memperlambat lajunya di tikungan yang membuat Rossi terpaksa mencium motor pebalap Italia tersebut. Beruntung tidak ada kecelakaan yang terjadi antara keduaya. Hingga lap ke delapan, usaha menjadi pebalap terdepan juga dilakukan oleh Andrea Dovizioso.
Pebalap Ducati tersebut merebut tempat pertama dan membuat duo Ducati berada di tempat 1 dan 2. Perhatian juga diberikan pada pebalap Suzuki Alex Rin yang perlahan tapi pasti naik ke posisi terdepan. Ia mendahului Rossi yang harus berada di tempat kelima dan bertarung untuk mendapatkan tempat terdepan. Sempat ada insiden kecil antara Rins dengan Marquez.
Pebalap Suzuki tersebut terlihat kontak dengan Marquez yang membuat pebalap Spanyol tersebut hampir terjatuh. Hingga pertengahan balapan yakni lap 13 dari 26 lap, posisi terdepan masih dihuni Lorenzo yang mempertahankan tempat terdepan dari kejaran Rins dan Dovizioso serta Marquez dan Rossi.
Setengah balapan berlangsung, duo Ducati Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso berada di tempat terdepan dengan tantangan datang dari pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan pebalap Suzuki Alex Rins. Jalannya balapan praktis diisi dengan aksi empat pebalap tersebut untuk merebut posisi pertama. Saling susul mewarnai hampir seluruh lap balapan yang berlangsung sebanyak 26 putaran.
Duo Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales yang berusaha mendapatkan kemenangan pertama bagi Yamaha setelah setahun tanpa kemenangan berusaha keras berada di posisi terdepan. Vinales bahkan memberikan perlawaan sengit pada Marquez yang berada di posisi kedua hingga saling salip terjadi. Bahkan mendapatkan posisi pertama di lap ke 19.
Rossi yang tahun lalu juara di sirkuit ini tidak tinggal diam. Ia yang sempat berada di posisi kelima berusaha memperbaiki posisi. Pebalap Italia tersebut harus melewati Lorenzo untuk mendapatkan tempat keempat. Saling susul terus terjadi antara Vinales dan Marquez di enam lap terakhir.
Rossi yang berada di tempat keempat bertarung sengit dengan Dovizioso di tempat ketiga. Lap 21 terjadi insiden Vinales bersentuhan dengan Marquez yang membuat pebalap Spanyol tersebut melebar. Rossi dan Dovizioso mengambil kesempatan ini hinga membuat keduanya di posisi satu dan dua. Tapi posisi tersebut tidak bertahan lama. Marquez menyodok para rivalnya ke tempat pertama.
Namun dirinya terus dibayang-bayangi Dovi di tempat kedua yang mendapatkan hasil baik saat latihan bebas lalu. Dua lap terakhir, Rossi yang berusaha mendapatkan poin terlalu memaksakan diri di tikungan pertama. Ia melebar dan turun ke tempat keenam. Marquez yang berada di depan terus meninggalkan lawan-lawannya. Vinales dan Alex Rins dari Suzuki berada di belakang tidak mampu mengejar pebalap Spanyol tersebut.