Sudah Rampung, LRT Palembang Siap Melintasi Seluruh Stasiun

SALISMA.COM (SC) – Proses uji coba kereta light rail transit (LRT) Palembang di Sumatera Selatan, telah selesai. Rabu (4/7) dini hari, kereta sudah melintas di atas rel sepanjang 23,4 kilometer.

“Alhamdulillah, dini hari tadi dua trainset kereta LRT sudah berhasil kami uji coba hingga ke stasiun bandara SMB II,” kata PPK LRT di Palembang, Suranto seperti dilansir detikFinance, Rabu (4/7).

Kedua trainset pun telah tiba di stasiun bandara. Suranto mengklaim itu sebagai keberhasilan, karena stasiun bandara adalah stasiun akhir di lintasan LRT Palembang.

“Stasiun bandara itu stasiun akhir kalau berangkat dari Depo. Ini artinya uji coba kami bersama Balai Pengujian berhasil. Ada 13 stasiun yang dilintasi dan untuk stasiun akhir adalah bandara,” sambung Suranto.

Uji coba sendiri, dimulai dari pukul 01.30 WIB hingga pukul 04.30 WIB dini hari tadi. Kereta mulai berjalan dari Depo sampai ke stasiun RSUD dengan kecepatan rata-rata 80 Km/jam.

Setibanya di stasiun RSUD, kereta mulai melaju dengan kecepatan 5-10 Km/jam. Kecepatan mulai berkurang karena ada tiga stasiun yang baru uji coba perdana, yakni stasiun Telkom, Asrama Haji dan stasiun bandara SMB II.

“Ketiga stasiun ini baru perdana dilintasi, kita khawatir ada material yang nantinya dapat menghambat uji coba. Oleh sebab itu kecepatan dikurangin, hasilnya sudah dapat kita lihat. Berhasil,” kata Suranto.

Tidak hanya uji coba hingga ke bandara, dalam waktu bersamaan trainset ketiga dan empat pun diketahui turut diuji coba. Namun uji coba dilakukan secara paralel dari Depo hingga ke stasiun Jakabaring.

Bukan hanya lintasan dan material saja yang menjadi perhatian saat uji coba dini hari tadi. Tim dari balai pengujian dan Masinis juga sangat hati-hati saat melintas di jalur lengkungan.

“Material sudah aman, tapi memang si Masinis harus memperhatikan berapa kecepatan saat melewati lengkungan. Ada beberapa lengkungan yang menjadi perhatian, yakni di simpang bandara, angkatan 45 dan Palembang Icon. Tetapi semua tidak ada masalah,” tutupnya.

Sebagaimana diketahui, LRT Palembang dijadwalkan akan diresmikan Presiden Joko Widodo 15 Juli. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk progres yang saat ini secara keseluruhan sudah 95 %.

Dari total 13 stasiun, rencananya hanya ada 6 stasiun yang siap beroperasi saat Asian Games Agustus mendatang. Hal ini menjadi pertimbangan karena untuk efisiensi waktu saat membawa atlet dan official dari bandar ke venue Jakabaring Sport City. (detikcom)