Ini Tujuh Tempat Wisata Indah di Kampar

SALISMA.COM (SC) – Liburan ke Kabupaten Kampar, tak perlu bingung mencari tempat berkumpul dan bermain bersama keluarga atau teman-teman tersayang. Kabupaten yang dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah di Riau ini ternyata menyimpan berbagai tempat yang bisa dijadikan destinasi liburan anda.

“Kita punya banyak tempat wisata yang ada di Kampar ini. Selama ini juga tempat-tempat wisata kita ramai dikunjungi wisatawan, apalagi saat masih momen liburan seperti ini,” ujar Kadis Pariwisata Kampar, Zulia Dharma.

Zulia Dharma menambahkan, kabupaten yang juga dijuluki Bumi Sarimadu ini memiliki tidak kurang dari 75 destinasi wisata. Saat ini Dinas Pariwisata Kampar masih terus mengembangkan potensi pariwisata Kampar yang terpendam dan masih jarang “disentuh” wisatawan.

Berikut 7 tempat wisata di Kampar yang bisa menjadi pilihan berlibur anda bersama keluarga dan teman tersayang.

1. Candi Muara Takus

Candi Muara Takus terletak di desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau. Candi ini biasanya ramai dikunujungi oleh wisatawan lokal ataupun asing ketika memasuki liburan pajang.

Candi Muara Takus dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Untuk menuju lokasi Candi muara takus membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam dari kota Pekanbaru.

2. Air Terjun Batang Kapas

Air Terjun Batang Kapas ini terletak di wilayah Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Air terjun yang indah ini berada di hutan desa yang masih “perawan” dengan jalur pendakian berupa jalan setapak di dalam hutan.

3. Air Terjun Panisan

Objek Wisata Air Terjun Panisan ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Keunikan Air Terjun Panisan ini memiliki tiga spot dengan tingkatan yang berbeda.

Air Terjun tingkatan pertamanya memiliki tinggi 25 meter, kemudian pada tingkatan kedua memiliki tinggi 30 meter dan tingkatan ketiga memiliki tinggi 7 meter.

4. Boombara Waterpark

Objek Wisata Boombara Waterpark ini terletak di Jalan Raya Pasir Putih KM.5, Desa Baru, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Dibangun diatas lahan seluas 10 Ha, Boombara Waterpark ini memiliki berbagai wahana yang menyenangkan. Seperti Kids Pool (kolam bermain anak-anak), Octopus, Seluncur, Kolam Ombak, Olympic, Kolam Standar, Family Slide, kolam Arus serta wahana Slider dan Sctopus Slider.

5. Sungai Hijau

Sungai Hijau terletak di Desa Salo, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Sungai ini di beri nama Sungai Hijau bukan karena Air Sungai ini yang hijau, tetapi karena Pohon-pohon dan aliran Sungai yang tampak kehijauan dan bening hasil dari penampakan lumut dan ganggang di dalam air.

Sungai Hijau adalah sebuah sungai kecil dengan airnya yang jernih dan di penuhi batu-batu kecil di sepanjang dasarnya. kejernihan air membuat batu-batu ini mudah di liat. Lumut yang tumbuh di sebagian batu-batu kecil dan rumput air yang tumbuh di pinggir sungai, membuat sungai ini semakin terlihat berwarna hijau yang akan memanjakan mata.

untuk sampai ke lokasi tidaklah sulit. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat, dan bisa lebih cepat lagi jika menggunakan kenderaan Roda dua.

6. Bukit Naang

Objek Wisata Bukit Naang merupakan sebuah panggung wisata outbond pertama yang terdapat di Kabupaten Kampar. Ini merupakan tempat rekreasi keluarga dengan kondisi alam yang masih sangat asri.

Berlokasi sekitar 8 km dari pusat Ibu Kota Kabupaten Kampar, Bangkinang. Bukit Naang ini juga ramai dikunjung pada saat liburan.

7. Museum Kandil Kemilau Emas

Museum Kandil Kemilau Emas adalah sebuah rumah berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar yang dibangun oleh Almarhum Haji Hamid, sekitar tahun 1900. Bangunan ini terletak di Pulau Belimbing, Kuok, Bangkinang. Museum Kandil diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Mei 1988.

Museum Kandil Kemilau Emas banyak dikunjungi oleh wisatawan guna mengetahui dan mendalami pengetahuan tentang kebudayaan Kampar. Pesona Kabupaten Kampar juga dapat ditemukan di Museum Kandil karena memang selain bentuk museum yang unik, di museum ini juga tersimpan berbagai macam barang dan peninggalan bersejarah yang ada di Kampar.

Ada sekitar dua ratus lima puluh macam barang antik yang ada di Museum Kandil Kemilau Emas, barang-barang ini merupakan koleksi warisan turun temurun sebagai barang pusaka.

Sebagai informasi, Kampar juga memiliki banyak potensi alam yang menyimpan beragam khasanah kebudayaan daerah yang berkaitan dengan kebudayaan suku melayu yang terdapat di Provinsi Riau. (ADV/infoanekawisata)