Cegah Penyakit Jantung dengan Lakukan Tips Sederhana Ini

SALISMA.COM (SC) – Tak melihat usia, serangan jantung dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini sering kali menjadi momok menakutkan bagi masyarakat khususnya di perkotaan yang memiliki gaya hidup kurang sehat.

Jika kamu khawatir mngidap serangan jantung, mungkin ada baiknya memperhatikan tips sederhana berikut untuk menghindarinya.

Mengutip Everyday Health, detikhealth pun melansir bahwa ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah agar terhindar dari serangan jantung.

1. Timbang berat badan secara rutin

Menimbang berat badan di pagi hari setelah dari kamar mandi bisa membantu kamu mengetahui resiko terkena serangan jantung. Apabila berat tubuh anda naik 1,5 kilogram dalam satu hari atau 2,5 kilogram dalam seminggu sebaiknya kamu menghubungi dokter. Begitu pula jika mengalami pembengkakan di tubuh seperti di kaki itu tanda-tanda serangan jantung.

2. Jaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan serangan jantung, ini karena jantung akan merasa tegang dan menyebabkan otot bekerja terlalu keras sehingga tidak efisien.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Bagi orang yang memiliki resiko serangan jantung, memiliki kualitas tidur yang baik adalah sesuatu yang sangat penting. Sebab menurut studi New England Journal of Medicine tahun 2015 menunjukkan bahwa 50 sampai 70 persen orang yang memiliki resiko serangan jantung lebih rentan mengalami sleep-disordered breathing dibandingkan dengan orang normal, sleep-disordered breathing adalah salah satu tanda penyakit jantung.

4. Kurangi penggunaan garam dapur

Menggunakan garam dapur dengan takaran yang berlebihan akan membuat aliran darah di dalam tubuh mengendap sehingga meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Kamu bisa mulai menggantikannya dengan garam diet, yang memiliki kandungan sodium lebih rendah. (**)