Semakin Canggih, Pemotor dapat Terhindar dari Kecelakaan dengan Sistem Komunikasi Terbaru Ducati

SALISMA.COM (SC) – Semakin canggih, pabrikan sepeda motor Ducati kini tengah menyiapkan sistem komunikasi vehicle-to-everything (V2X).

Seperti dilansir detikoto yang mengutip dari laman resmi pabrikan asal Italia ini, Ducati bekerja sama dengan Audi berpartisipasi dalam demonstrasi sistem V2X di Eropa dengan melibatkan motor dan mobil. Teknologi itu disebut C-V2X.

C-V2X merupakan sistem komunikasi nirkabel antara pengguna jalan seperti mobil, sepeda motor, pejalan kaki, sepeda, dan infrastruktur. Teknologi C-V2X adalah langkah penting menuju 5G untuk aplikasi otomotif dengan komunikasi langsung antara kendaraan dan lingkungannya.

Demonstrasi sistem itu melibatkan mobil Audi Q7 dan Audi A4 serta Ducati Multistrada 1200 Enduro. Motor Ducati itu dibekali dengan chipset Qualcomm 9150 C-V2X.

Demonstrasi ini menunjukkan situasi umum yang dapat terjadi antara sepeda motor dan kendaraan lainnya dan bagaimana teknologi C-V2X dapat digunakan untuk membantu meningkatkan keselamatan di jalan. Sistem komunikasi itu termasuk Intersection Collision Warning sebuah sistem peringatan agar tidak terjadi tabrakan. Selain itu, ada juga sistem Across Traffic Turn Collision Risk Warning serta sistem peringatan pengereman mendadak.

“Ini adalah demonstrasi sempurna di mana teknologi modern dapat secara drastis meningkatkan keselamatan pengguna sepeda motor masa depan. Memang, komunikasi C-V2X jelas merupakan salah satu proyek kunci dari road map keselamatan Ducati 2025,” kata Pierluigi Zampieri, Vehicle Innovation Manager Ducati Motor Holding.

Demonstrasi ini adalah yang pertama dari proyek ConVeX (Connected Vehicle to Everything) yang melibatkan Audi, Ducati, Ericsson (NASDAQ: ERIC), SWARCO, Technical University of Kaiserslautern, dan Qualcomm. (**)