Hapus Cuitan Lama di Twitter, Ini Caranya

SALISMA.COM (SC) – Jejak digital seseorang di media sosial, termasuk Twitter, menjadi kian sangat berpengaruh dalam kehidupan nyata seseorang. Hasil unggahan bertahun-tahun lalu pun dapat menyebabkan masalah pada saat ini.

Untuk menghindari hal ini, bagi pengguna Twitter dengan ribuan cuitan, unggahan lama dapat dihapus tanpa perlu menggulir satu persatu. Sebelumnya, pengguna dapat mengarsip cuitan-cuitannya untuk backup di masa yang akan datang.

Pertama, pengguna dapat menuju ke Setting dan memilih “request your archieve”. Sistem akan langsung mengirimkan link untuk mengunduh fail yang berisi arsip cuitan ke alamat email akun Twitter yang terdaftar.

Setelah mempunyai backup-nya, pengguna dapat memulai menghapus cuitan lama di Twitter dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Advanced Search di aplikasi Twitter
Pengguna dapat langsung menuju ke Advanced Search di laman Twitter yang terletak di kolom pencarian. Advanced Search dapat ditemukan setelah menekan Search Filter. Setelahnya, tulis kata kunci yang mengandung kata di cuitan yang ingin dihapus.

Selanjutnya, tulis nama akun Twitter pengguna di kolom ‘From these Accounts’. Maka semua unggahan dengan kata kunci yang diketik akan tertera seketika, dan pengguna dapat melakukan bersih-bersih pada cuitan tersebut.

2. Aplikasi gratis bernama Tweet Delete
Jika pengguna merasa terlalu banyak kata kunci yang dicari untuk dihapus, aplikasi Tweet Delete juga dapat digunakan untuk menghapus cuitan yang sangat banyak. Aplikasi ini dapat menghapus 3.200 cuitan terakhir anda dan dapat diatur untuk penghapusan otomatis secara berkala.

Pengguna hanya diarahkan untuk menuju lama Tweet Delete dan menyetujui syarat dan ketentuan yang tertera. Lalu, pengguna langsung masukan akun Twitter anda di Tweet Delete. Jika anda tidak ingin memunculkan aktivitas penghapusan ini di linimasa, hapus tanda centang di bagian ‘Post to my feed to let my friends know I activated’. (TEMPO)