Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia, Ini Deretan Mobil Mewah Jack Ma

SALISMA.COM (SC) – Salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma dijadwalkan menghadiri penutupan Asian Games 2018. Bos Alibaba itu akan menyambangi stadion Gelora Bung Karno pada 2 September mendatang.

Meski memiliki kekayaan yang sangat luar biasa, dengan estimasi kekayaan USD 38,7 miliar atau hampir Rp 570 triliun, Ma tetap dikenal sebagai pribadi yang ramah dan sederhana. Ia dikenal hanya mengeluarkan dananya untuk hal-hal yang dirasa perlu dan menunjang.

Hal ini berlaku untuk tunggangannya. Bos e-commerce raksasa dunia itu tak memiliki sportcar atau mobil retro layaknya jutawan dunia lain.

Dilansir Salisma.com dari detikoto, Ma hanya memiliki tiga mobil mewah saja. Diantaranya BMW 760Li, Maybach 62S, serta Roewe RX5.

BMW 760Li milik Ma dibeli pada tahun 2011 dengan banderolan USD 290.000 atau sekitar Rp 4 miliar dengan nilai tukar hari ini. Pada masanya, mobil itu merupakan salah satu kendaraan mewah di China. Tak diketahui apakah Ma masih menyimpan kendaraan asal Jerman tersebut atau tidak.

Selanjutnya Ma memiliki mobil lima penumpang mewah keturunan Mercedes-Benz S-Class, Maybach 62S. Mobil tersebut diboyongnya dengan banderolan USD 492.602 atau sekitar Rp 7,2 miliar. Pada tahun 2008, Maybach 62S dinobatkan sebagai mobil yang menyuguhkan kemewahan paling sempurna, mengalahkan Bentley dan Rolls-Royce. Mobil itu juga sekaligus menjadi mobil Ma yang paling mahal.

Terakhir ada Roewe RX5, SUV pintar yang selalu menemani Ma kemanapun. Berdesain sederhana serta berbanderol murah ($22.266 atau sekitar Rp 327 jutaan), mobil racikan Alibaba bersama SAIC Motor tersebut ternyata sangat canggih. Pada peluncurannya pada 2016 kemarin, Ma menyebutnya sebagai ‘mobil internet’ atau internet car.

Crossover kompak ini hadir sebagai respons Alibaba menghadapi tren kendaraan otonom yang juga sudah digarap serius beberapa perusahaan raksasa lainnya. RX5 (di foto atas) berkonsep mobil internet, mirip mobil KITT di film Knight Rider yang bisa diajak bicara oleh pengguna dalam setiap kesempatan. Mobil dibanderol USD 22.266 atau sekitar Rp 327 jutaan.

Selain itu, ada kendaraan fantastis yang dimiliki oleh Ma yakni pesawat jet pribadi 19 kursi, Gulfstream. Untuk kendaraan udara tersebut Ma merogoh kantong sebesar USD 61,5 juta. (detikcom)