Jack Ma Pensiun di Hari Ulang Tahun

SALISMA.COM (SC) – Daniel Zhang resmi ditunjuk sebagai Chairman of the Board Alibaba Group menggantikan Jack Ma, sosok vital perusahaan e-commerce global asal China ini selama 19 tahun terakhir. Menariknya, Jack Ma pensiun di hari ulang tahunnya sendiri, sekaligus ulang tahun Alibaba.

Ya, Jack Ma lahir pada 10 September 1964. Di tanggal yang sama pula, tepat di peralihan usianya ke-54, dia menanggalkan jabatannya di Alibaba Group.

Berangkat dari latar belakang profesi guru, Jack Ma mendirikan Alibaba sejak 1999. Uniknya, hari kelahiran Alibaba juga sama dengan ulang tahunnya salah satu orang terkaya dunia ini.

“Sejak dibangun pada tahun 1999, kami telah melihat bahwa masa depan Alibaba akan lebih bergantung pada ‘kumpulan orang-orang berbakat’ untuk memungkinkan kami meneruskan rencana suksesi manajemen,” kata Jack Ma melalui surat perpisahannya, Senin (10/9/2018).

Disampaikan Jack Ma, kerja keras timnya selama bertahun-tahun telah membuat Alibaba sebagai pusat orang-orang berbakat di dunia, baik secara kualitas maupun kuantitas.

“Guru di dalam diri saya sangat bangga dengan pencapaian tim kita, kepemimpinan kita, dan kultur unik yang mendorong misi perusahaan, serta bagaimana kita dapat terus melahirkan pemimpin-pemimpin hebat dan profesional seperti Daniel Zhang,” lanjutnya.

Kini tongkat estafet perusahaan sudah resmi diserahkan kepada Chief Executive Officer Daniel Zhang yang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Jack Ma akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan selama 12 bulan ke depan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan dengan sempurna. (detikcom)