Lagi, Kuansing Punya Air Terjun Indah Lain

SALISMA.COM (SC) – Membahas objek wisata yang berada di Kuantan Singingi (Kuansing) tidak akan ada habisnya. Alamnya yang kaya akan objek wisata air, serta masing-masing keunikannya yang mampu menghipnotis siapa pun untuk datang berlibur atau mencari tantangan.

Setiap objek wisata memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Jika Air Terjun Hulu Lembu memiliki daya tarik dari keasriannya. Ada salah satu air terjun yang berbeda di Kecamatan Singingi, yaitu air terjun yang memiliki dua tingkat bernama Air Terjun Sikonda.

Sikonda ini diberi nama oleh penduduk setempat. Tingkat pertama memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kedalaman 1,5 meter, sedangkan tingkat kedua memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan kedalaman sekitar 2 meter.

Air Terjun ini berlokasikan di Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Lokasinya satu arah menuju Air Terjun Hulu Lembu. Jika Air Terjun Hulu Lembu belok kiri dari simpang masuk Desa pangkalan, maka untuk Air Terjun Sikonda cukup berjalan lurus menuju Desa Pangkalan Indarung.

Jarak tempuh dari Kota Pekanbaru menuju Desa Pangkalan Indarung, Kecamatan Singingi membutuhkan waktu empat jam perjalanan dengan transportasi darat. Menuju air terjun ini terbilang cukup jauh dibandingkan dengan Air Terjun Hulu Lembu dimana akses jalannya juga lebih mudah.

Selama perjalanan anda akan melewati perkebunan kelapa sawit dan karet milik penduduk. Setelah tiba di area parkir lokasi anda masih butuh waktu 10 menit untuk menuruni turunan dengan berjalan kaki di jalan setapak. Serta anda perlu ekstra hati-hati sebab turunan itu cukup curam dan belum ada sistem keamanan, hanya memanfaatkan batang atau akar pohon yang bergantung.

Tiba disana akan didapati bebatuan besar yang dapat dipanjat dan bagus untuk dijadikan spot untuk berfoto. Tidak hanya itu air terjun ini masih asri di kelilingi hutan yang cukup rimbun.

Untuk masuk ke air terjun Sikonda ini anda tidak perlu membayar uang masuk. (bpc)