Mulai Hidup Sehat, Ini Tips Fitness Sederhana Bagi Pemula

 

SALISMA.COM (SC) – Olahraga sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan bugar setiap harinya. Olahraga diketahui juga dapat membantu kesembuhan dari penyakit dan mengatasi depresi.

Namun kebanyakan orang malas untuk berolahraga, alasannya karena banyak pekerjaan sehingga tidak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga. Padahal banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan setiap harinya. Salah satunya Fitness.

Fitness merupakan salah satu aktivitas yang bisa menjaga kesehatan dan kebugaran Anda. Namun dalam olahraga apapun, perlu diingat bahwa penting bagi Anda untuk mengenal risiko-risiko cedera.

Nah, bagi anda pemula sebaiknya ketahui dulu beberapa hal yang harus dilakukan saat Fitness.

1. Mulai Secara Perlahan-lahan
Maksudnya ialah ketika kita memulai fitness jangan melakukan berturut-turut dalam satu minggu karena itu akan membuat bencana bagi tubuh kita.

“Untuk pemula, dianjurkan untuk latihan nge-gym hanya 2-3 hari dalam seminggu dengan durasi 30 menit setiap latihannya,” ujar Eko selaku Instruktur Fitness di Pekanbaru, seperti dikutip Salisma.com dari bertuahpos.

2. Jangan lupa Peregangan
Peregangan atau pemanasan sangat diperlukan untuk melemaskan otot-otot kita agar tidak mengalami cedera.

“Sebaiknya lakukan pemanasan selama 5-15 menit sebelum latihan, jika tidak nanti bahaya, bisa-bisa kita cedera jadinya,” tambahnya.

3. Jangan Cuma Satu Bidang
Saat latihan, lakukanlah beberapa aktivitas apapun yang kita mau sesuai dengan target kita. Jangan kita selalu terfokus pada suatu aktivitas saja, itu akan membuat kita menjadi bosan dan tak mau olahraga lagi.

“Cobalah beberapa alat agar kita tidak bosan, disini kami siap membantu,” kata Eko.

4. Ketahui Cara Penggunaan Alat Fitness
Banyak dari kita yang pemula tidak mengetahui kegunaan dan cara menggunakan alat fitness dengan baik. Padahal ini berakibat fatal jika kita salah dalam menggunakannya.

5. Istirahatlah Sesuai Dengan Kemampuan Tubuh
Mungkin kita berfikir fitness tiap hari itu baik. Namun itu salah besar, tubuh kita perlu istirahat yang cukup untuk memulihkan kondisi tubuh. Jika kita memaksakan, otot-otot akan sakit dan bahkan berakibat fatal.

“Disini banyak jenis alat fitness, jika tidak tahu bertanya lah, nantikan kamu jadi cedera jika salah penggunaan. Dan ingat otot kita ini perlu juga istirahat, nanti kan kamu gak bisa gerak jika kamu paksa,” tutup Eko. (bmg)

Share