Hati-hati, Sering Makan Tengah Malam Ternyata Bahaya Bagi Jantung

SALISMA.COM (SC) – Kebiasaan makan berat menjelang tidur bukan cuma menyebabkan gemuk. Riset terbaru mengaitkannya dengan risiko penyakit jantung yang mematikan!

Penelitian tersebut dilakukan para ilmuwan dari Columbua University dan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Heart Association. Mereka menggunakan data 12.700 prang dewasa berusia 18-76 tahun dari Hispanic Community Health Study/Study of Latinos.

Terungkap, sekitar 50 persen partisipan memenuhi 30 persen kebutuhan kalori hariannya selepas jam 6 sore. Ini menyebabkan kadar gula darah puasanya cenderung lebih tinggi, demikian juga kadar insulin, hormon untuk mengontrol gula darah.

Kadar gula darah puasa yang tinggi juga bisa dianggap sebagai tanda pradiabetes, kondisi yang mengarah pada diabetes atau kencing manis. Terkonfirmasi dengan peningkatan risiko sebesar 19 persen untuk mengalami prediabetes.

Dikutip dari Livescience, partisipan yang sama juga mengalami peningkatan risiko sebesar 23 persen untuk mengalami hipertensi. Salah satu kondisi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. (detikhealth)