Lukisan Termahal Da Vinci Milik Pangeran Saudi Hilang

SALISMA.COM (SC) – Lukisan Leonardo Da Vinci milik Pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman dikabarkan hilang. Padahal lukisan itu baru dibelinya sekitar satu tahun lalu.

Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci itu dibeli Mohammed bin Salman seharga $ 450,3 juta atau sekitar Rp 6,5 Triliun. Dia membeli lukisan untuk dipajang di Louvre Abu Dhabi, tapi belum juga terlihat di depan umum.

Profesor Martin Kemp yang membantu mengesahkan Salvator Mundi 10 tahun lalu mengatakan kepada The Times soal lukisan. Dia menyebut keberadaan lukisan itu tidak diketahui oleh siapapun. Lokasinya juga misterius sehingga dikabarkan hilang.

“Tidak ada seorangpun dari luar kerajaan Arab tahu di mana lukisan itu,” ujarnya.

Lukisan itu dibawa ke sebuah lokasi yang tidak diketahui setelah dibeli oleh Mohammed bin Salman. Seorang kolektor seni dan konservator, Dianne Dwyer Modestini terpaksa menghubungi Louvre Abu Dhabi untuk menanyakan keberadaan lukisan. Namun dia tidak mendapat tanggapan dari pihak Louvre.

Lukisan Salvator Mundi yang berusia 500 tahun itu semula dianggap salinan karya seni Da Vinci oleh muridnya, Giovanni Antonio Boltraffio. Lukisan itu hanya dibeli seharga $58 dalam lelang pada 1958.

Pada 2011 para ahli mengesahkan lukisan itu sebagai karya asli Da Vinci dan direstorasi penuh. (detikcom)