KSEI dan BEI Sosialisasi Fasilitas Perlindungan Investor Pasar Modal di Pekanbaru

EKONOMIPOS.COM – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), bekerjasama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar sosialisasi terkait fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) di Pekanbaru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran investor untuk memanfaatkan AKSes yang merupakan fasilitas perlindungan investor pasar modal Indonesia.

Kepala Unit Pengelolaan Rekening Efek KSEI, Mohammad Awaluddin mengatakan, AKSes merupakan fasilitas yang dikeluarkan oleh KSEI yang bertujuan agar investor dapat memantau langsung portofolio investasinya.

“Ini sesuai dengan undang-undang. Jadi investor memiliki akses langsung untuk melihat portofolionya di sistem kami,”  katanya.

Awaluddin menambahkan, dengan sosialisasi ini, diharapkan akan meningkatkan kesadaran para investor untuk memanfaatkan fasilitas AKSes.

“Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran investor agar menggunakan fasilitas AKSes untuk mencegah penyalahgunaan wewenang dari pihak yang tidak bertanggungjawab,” tambahnya.

“Saat ini jumlah investor yang memaafkan fasilitas AKSes masih sekitar 11 persen,” tambahnya.

Sebagai solusinya, saat ini KSEI tengah mengembangkan fasilitas AKSes menjadi AKSes Next Generation (AKSes Next-G) dengan fitur-fitur yang menarik dan semakin mudah digunakan.

“Nantinya yang dapat memanfaatkan fasilitas AKSes Next-G tidak hanya investor saja, melainkan perusahaan efek, bank kustodian, serta msyarakat umum,” ujarnya

“Hal ini dimungkinkan karena KSEI telah bekerjasama dengan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri untuk memanfaatkan data kependukungan untuk layanan di pasar modal. Sehingga nanti untuk menggunakan fasilitas AKSes Next-G cukup dengan memasukkan NIK,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2016, bukan hanya KSEI dan Ditjen Dukcapil saja yang melakukan kerjasama, melainkan juga dengan 100 pelaku indistri pasar modal. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan mempercepat pembukaan rekening efek. (rls)