Festival Sungai Siak, Wawako: Saya Bisa Berenang, Tapi Dikit-dikit

SALISMA.COM (SC) – Festival Sungai Siak 2018 yang berlangsung di Rumah Singgah Taman Tuan Kadi, diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru bersama Pelindo 1 Pekanbaru, sukses digelar. Pada acara penutupan Festival Sungai Siak 2018 ini juga dihadiri Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah berjualan bagi berbagai komunitas dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekanbaru. Tak hanya itu acara ini juga bermaksud memperkenalkan dan melestarikan budaya melayu melalui berbagai penampilan yang disuguhkan, yakni tari tradisional dan kreasi serta pameran foto kota pekanbaru sepanjang masa.

Tak hanya penampilan atraksi, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh lomba foto dan Instagram video dengan total hadiah uang tunai jutaan rupiah yang dibuka gratis untuk umum. Serta event utama peluncuran lima belas perahu pompong wisata Sungai Siak yang dilaksanakan di hari kedua event Festival Sungai Siak, Sabtu 15 Desember 2018.

Safety nya perahu pompong harus terlebih dahulu diperhatikan, dipastikan dulu pelampungnya, takut ada kekhawatiran. Tapi kalau saya bisa berenang sikit-sikit lah ya,” kata Wawaka sembari canda saat member sambutan dalam penutupan acara, Minggu (16/12/2018).

Wawako Ayat Cahyadi mengatakan bahwa Festival Sungai Siak merupakan suatu kebanggan karena sukses terlaksana walaupun tanpa dukungan APBD.

Beliau juga menambahkan, kegiatan Festival Sungai Siak harus dimasukkan ke dalam Kalender Pariwisata Kota Pekanbaru sehingga kegiatan ini bisa diperkenalkan tak hanya ke wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara. (rst)