Hidup Sehat di Tahun 2019, Bisa Dimulai dari 6 Olahraga Berikut

SALISMA.COM (SC) – Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan olahraga juga memiliki manfaat untuk kesehatan dan mempercantik kulit.

Jika olahraga salah satu resolusi Anda di tahun ini, ada beberapa olahraga yang diperkirakan akan menjadi tren di tahun 2019 yang bisa Anda coba. Berikut ini beberapa jenis olahraga tersebut.

  1. High Intensity Interval Training
    Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang paling mudah dan murah. Namun latihan kardio dengan intensitas rendah dan sedang membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 45 menit. Ternyata ada latihan kardio yang tidak membutuhkan waktu lama yakni High Intensity Interval Training (HITT), yang menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang dan rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya berlari sprint selama 20-30 detik kemudian berlari sedang 60-90 detik. Ulangi sebanyak tiga kali sehingga HITT ini hanya memakan waktu tidak lebih dari 10 menit.
  2. Bodyweight Training
    Olahraga Bodyweight Training ini adalah olahraga yang paling di gemari. Olahraga menggunakan beban dari berat tubuh individu ini akan tetap digemari karena mudah, murah, efisien, dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Contohnya, push-up, plank, squat, dan triceps dips.
  3. Yoga
    Yoga olahraga yang populer dalam beberapa tahun terakhir dan akan tetap diminati pada tahun ini seperti prediksi American College of Sports Medicine (ACSM). Kepopuleran Yoga tidak lepas dari manfaat kesehatan secara menyeluruh baik fisik dan mental. Banyak sekali variasi yoga yang bisa Anda terapkan seperti power yoga, Pi-Yo, fat yoga, dan sebagainya.
  4. Treadmill
    Saat ini banyak orang memilih menggunakan treadmill sebagai olahraga yang simple. Pelatih kebugaran terseritifikasi dari All About Fitness A.S, Pete McCall mengungkapkan, berlari di atas treadmill menjadi pilihan sebagian masyarakat untuk berolahraga di tahun 2019. Namun ia menyarankan, agar berlari di atas treadmill lebih efektif, Anda bisa menggunakan fitur incline mode yang membuat Anda harus berlari menanjak sehingga kalori yang dibakar menjadi lebih banyak. “Atau menggunakan variasi lari interval yang memadukan antara lari dengan kecepatan sedang kemudian kecepatan tinggi dan lari pelan dalam jangka waktu tertentu,” tambahnya.
  5. Olahraga Berkelompok
    Bosan dan malas untuk berolahraga sendirian, maka ikutlah kelas-kelas olahraga yang biasa diadakan di tempat kebugaran. “Dengan datang ke kelas olahraga bergrup pasti lebih bersemangat karena mendapat suntikan semangat dari yang lainnya,” terang instruktur kebugaran sekaligus pemilik Sana Studio, Laila Munaf. Zumba, aerobika, dan pound fit adalah beberapa jenis olahraga yang biasa dilakukan secara berkelompok.
  6. Olahraga di Rumah
    Olahraga tak harus ke luar rumah. Jika malas untuk pergi ke taman atau ke pusat kebugaran, Anda bisa berolahraga di rumah dengan memanfaatkan video olahraga seperti streaming workouts. Bermacam olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah di antaranya senam, yoga, dan bodyweight training. (Bintang/Tempo)