SALISMA.COM (SC) – Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus maju dan berkembang di bawah kepemimpinan Bupati Drs HM Wardan MP. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya piagam penghargaan yang diperoleh selama lima tahun terakhir, mulai dari segi keagamaan, pendidikan, kesehatan, hingga kemasyarakatan.

Pada periode kedua ini, bersama Wakil Bupati H Syamsuddin Uti, Bupati Wardan berkomitmen akan mewujudkan Inhil yang semakin jaya dan gemilang, sesuai dengan visi Inhil “Untuk Kejayaan Inhil yang Semakin Maju, Bermarwah, dan Bermartabat.”

“Visi ini diambil untuk melanjutkan visi periode sebelumnya, di sini program-program yang sudah terlaksana akan ditingkatkan lagi, dan akan memperbaiki program-program yang belum terlaksana dengan baik,” tutur Pemimpin Kabupaten paling Selatan di Provinsi Riau ini kepada Tim Dokumentasi dan Publikasi Bagian Humas dan Protokol Setda Inhil.

Untuk Kejayaan Inhil dimaksudkan agar dapat menciptakan kondisi yang mantap, mapan, lebih menguntungkan, lebih membahagiakan, dan semakin bermakna positif bagi seluruh warga Kabupaten Inhil seraya mengharapkan ridho dari Tuhan YME.

Semakin Maju berarti melanjutkan pembangunan yang nyata hasilnya dan benar-benar dirasakan manfaatnya baik dalam pembangunan infrastruktur dasar, sarana prasarana, pemberdayaan masyarakat, pertumbuhan ekonomi daerah, dan perbaikan kesejahteraan rakyat yang lebih baik dan merata serta adil baik di pedesaan maupun perkotaan sehingga tercapai pembangunan Kabupaten Inhil yang lebih berdaya saing positif yang dapat diperhitungkan sebagai salah satu barometer pembangunan daerah di Indonesia.

Bermarwah artinya pemerintah dan masyarakat terus bergerak bersama. Pemerintahnya menjunjung amanah membangun negeri, rakyatnya berpartisipasi membela dan berkarya untuk negeri.

Bermartabat yaitu penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang manisiawi yang berkeadilan sosial yang ditujukan untuk kepentingan kemaslahatan rakyat Inhil, pelayanan publik yang responsif, berdemokrasi secara sehat, tidak ada diskriminasi, rakyatnya hidup rukun, tentram dan bahagia dalam lindungan Tuhan YME.

Untuk mencapai visi tersebut, terdapat 8 poin misi yang akan dilaksanakan. Di antaranya:

  1. Memantapkan tata kelola pemerintahan yang semakin responsif, partisipatif, inovatif, efektif, dan berketaatan hukum.
  2. Memantapkan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar di seluruh wilayah.
  3. Melanjutkan optimalisasi pengelolaan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan sesuai potensi dan kondisi setempat.
  4. Memantapkan pembangunan SDM yang semakin berkualitas dan berdaya saing.
  5. Meningkatkan partisipasi sosial dan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan.
  6. Memantapkan kerukunan, keamanan, ketertiban, dan ketentraman kehidupan sosial.
  7. Melanjutkan penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran.
  8. Meningkatkan pertumbuhan dan daya saing ekonomi daerah. (adv/tur)