ISPU Level Berbahaya, Disdik Kembali Liburkan Siswa

SALISMA.COM, PEKANBARU –  Mulai hari ini dan esok hari, seluruh siswa di Pekanbaru diliburkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru. Peliburan siswa ini akibat dari tebalnya kabut asap di Pekanbaru.

Sementara itu, status indeks standar pencemaran udara (ISPU) pada minggu sore masih menunjukkan di level berbahaya. Padahal, level ISPU sebelumnya sempat menurun dilevel tidak sehat.

Dalam laman akun fecebook milik Kadisdik Kota Pekanbaru Zulfadil Minggu (27/9/2015) malam menuliskan, “Assalamu’alaikum, Wr. Wb. Kepada Yth: Ka UPTD, Pengawas sekolah, Kepsek PAUD SD, SMP, SMA, SMK, Kondisi udara pada hari minggu tanggal 27 september dalam kategori Berbahaya, mengacu kepada SOP Diskes, Dinas Pendidikan memutuskan “siswa Semua tingkatan” senin dan selasa (28-29/09/2015) dinyatakan libur sampai pemberitahuan selanjutnya. Sedangkan guru diizinkan untuk tidak hadir, DUM dan dilaksanakan”.

Sebelumnya Zulfadil beberapa waktu lalu mengatakan, jika kabut asap kembali terjadi, maka pihaknya akan kembali meliburkan siswa yang ada di Pekanbaru.

“Kalau berbahaya kita akan liburkan lagi, tapi kalau kualitas udara tidak sehat masih bisa masuk sekolah,” katanya

Jika sudah memasuki sangat tidak sehat, maka untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan siswa SD akan diliburkan.

“SOPnya seperti itu, kalau berbahaya baru diliburkan semuanya. Dan tentunya kita akan kerja sama dengan diskes,” lanjutnya. (iqbal)