Sebuah Studi Ungkap Efek Mendengarkan Musik Bagi Otak

SALISMA.COM (SC) – Bagi sebagian orang, mendengarkan musik dapat membuat suasana hati lebih tenang dan senang. Mereka juga beranggapan bahwa musik dapat membantu mendapatkan solusi. Hal ini pun berdasarkan pada sebuah studi yang dilakukan di Belanda dan Australia.

Berdasarkan studi yang dilakukan Simone Ritter dari Radbound University di Belanda dan Sam Ferguson dari University of Technology Sydney, Australia, mendengarkan musik dapat membuat seseorang mendapatkan solusi yang inovatif dalam menghadapi masalah. Asalkan, musik yang didengarkan adalah musik bertempo cepat atau bertema bahagia.

Mengutip dari Science Daily, untuk mengetahui efek yang ditimbulkan musik terhadap kemampuan kognitif seseorang, para ilmuwan melakukan riset terhadap 155 orang. Partisipan dibagi menjadi beberapa grup dan diminta mengisi kuesioner.

Setiap grup diharuskan mendengarkan satu dari empat genre musik yang berbeda. Mulai dari musik yang menenangkan, menyenangkan, sedih, dan gelisah. Ada pula grup yang tidak mendengarkan musik apapun.

Setelah musik mulai diperdengarkan, partisipan mulai mengerjakan beberapa tugas terkait dengan kemampuan kognitif otak. Dari hasil analisa penelitian ditemukan bahwa grup yang mendengarkan musik-musik gembira, berpikir lebih kreatif dibandingkan dengan grup yang tidak mendengarkan apa-apa.

Studi tersebut menunjukkan, mendengarkan musik bertema gembira dapat membuat otak berpikir secara luas, jadinya mereka bisa mendapatkan banyak solusi. Dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa sisi kreatif seseorang akan bertambah jika ia mendengarkan musik, dan jenis musik yang berbeda dapat mengubah sisi kreativitas seseorang.

Lewat riset ini pula Ritter dan Ferguson ingin menyampaikan bahwa mendengarkan musik merupakan cara yang efisien dan tidak mahal untuk meningkatkan kemampuan kreatif otak. Metode mendengarkan musik mungkin juga dapat digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. (detikcom)

Share