NASA Rilis Foto Permukaan Planet Jupiter yang Mirip Bumi

SALISMA.COM (SC) – Lembaga penerbangan dan antariksa Amerika Serikat (NASA) baru saja merilis gambar planet Jupiter yang mirip dengan Bumi.

Bumi jika dilihat dari luar angkasa terlihat seperti bola besar dari batu dan logam ditutupi lautan dan daratan yang menopang kehidupan.

NASA Temukan Molekul Air Bergerak di Permukaan Bulan

“Dalam menafsirkan apa yang kita lihat di tempat lain di tata surya dan alam semesta, kita selalu membandingkan dengan fenomena yang sudah kita ketahui di Bumi,” ujar Norman Kuring dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa NASA Goddard, seperti dilansir laman metro, Senin, 11 Maret 2019.

Jupiter adalah raksasa gas diselimuti awan misterius yang bahkan kemungkinan tidak memiliki permukaan untuk tempat manusia berdiri. Gambar tersebut secara visual sangat mirip dengan Bumi ketika difoto dari luar angkasa.

Namun, apa yang ditunjukkan NASA adalah pusaran di atmosfer Jupiter yang terlihat seperti pusaran di Laut Baltik Bumi. Gerakan cairan di kedua planet diatur oleh hukum fisika yang sama,. NASA menjelaskan dengan perbandingan “eddy on Earth sangat mirip dengan eddy on Jupiter”.

“Kami bekerja dari yang akrab ke yang tidak dikenal. Ini semua tentang cairan yang bergerak pada tubuh yang berputar,” kata Kuring.

“Dari semua kerumitan mengalir keindahan, apakah itu gambar Bumi, Jupiter, atau cangkir kopi Anda ketika Anda tuangkan krim. Jupiter diyakini memiliki tiga lapisan awan, dengan yang paling luar digambarkan dalam gambar NASA”. (Tempo)

Share