Lukisan 100 Simpanse Duduk di Parlemen Bikin Heboh Museum di Inggris

SALISMA.COM (SC) – Seniman jalanan Banksy kembali menghebohkan publik dengan kehadiran sebuah karya di Bristol Museum, Inggris. Karya yang pernah dipajang 10 tahun lalu itu kembali mejeng di akhir Maret.

Yang bikin heboh bukan lagi aksi Banksy tapi 100 simpanse yang dilukis oleh seniman asal Inggris tersebut. Dia menuliskan mengenai lukisan ‘Devolved Parliament’ atau ‘Parlemen yang Didevolusikan’ lewat akun Instagram pribadinya.

“Saya membuat lukisan ini 10 tahun yang lalu. Museum Bristol baru saja memajangnya lagi untuk memperingati Brexit hari ini. ‘Tertawa sekarang tapi suatu hari nanti akan ada perubahan’,” tulisnya seperti dikutip detikHOT, Jumat (29/3/2019).

Setelah dipajang 10 tahun lalu, lukisan yang dibeli kolektor anonim tersebut kini dipinjamkan ke museum. Di tahun 2009, Banksy berkata mengenai lukisan tersebut.

“Anda melukis 100 simpanse dan mereka masih memanggil Anda seorang seniman gerilya,” kata Banksy.

Kurator pameran Philip Walker menuturkan ketika lukisannya perdana dipamerkan ke publik, saat itu menimbulkan kehebohan. “Lukisannya adalah salah satu yang menarik perhatian pengunjung dari pameran Banksy vs Bristol Museum, 10 tahun yang lalu,” pungkasnya. (detikcom)

Share