oleh

Malaysia Siap Membantu Indonesia Memadamkan Api

SALISMA.COM -Tidak hanya di Indonesia namun di negara tetangga juga kena asap, seperti Malaysia dan Singapura. Lantaran kabut asap itu, Menteri Pertahanan Malaysia menyatakan negaranya benar-benar siap membantu Indonesia memadamkan api di hutan.

“Kami lebih dari bersedia untuk membantu Indonesia memadamkan api, karena kami juga merasakan dampak dari kabut asap tersebut dan itu sangat mengganggu,” ujar Hishammuddin Hussein, seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa (29/9).

Hishammuddin mengatakan dia dan pemerintah Singapura sedang merundingkan bagaimana caranya membantu Indonesia, namun dibalik itu semua mereka sudah siap untuk memadamkan api.

“Saya dan rekan-rekan dari Singapura telah berunding bagaimana membantu Indonesia memadamkan api. Kita hanya tinggal menunggu Indonesia mengizinkan kita untuk membantu,” lanjut dia.

Menteri Pertahanan Malaysia ini juga mengatakan untuk mencegah kebakaran hutan, pemerintah regional harus bertindak tegas pada perusahaan-perusahaan sekitar.

Kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan memang masih terjadi. Sudah tiga pekan kebakaran ini terjadi dan kabut asapnya memenuhi udara tak hanya di Indonesia, namun juga Malaysia dan Singapura.

Pemerintah Singapura malah sudah memberikan status level kabut asap menjadi berbahaya.

(merdeka)