Harimau Serang Sapi Warga Hingga Terluka di Teluk Meranti Pelalawan

PELALAWAN – Harimau Sumatera di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau, kembali menampakkan belangnya. Sapi milik warga di Desa Labuan Bilik mengalami luka karena diterkam, untung masih selamat karena ditolong pemiliknya.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah ke lokasi mengecek keberadaan harimau ini. Hanya saja petugas tidak menemukan jejak karena tanah di lokasi keras dan tapak harimau itu sudah tersapu air hujan.

Humas BBKSDA Riau Dian Indriati menjelaskan, petugas ke lokasi pada Rabu, 10 April 2019. Polisi bersama warga dan sekretaris desa ikut mendampingi melihat kandang sapi yang nyaris jadi mangsa si Datuk Belang.

“Sapinya juga sudah dilihat dan ada luka di kaki bagian belakangnya,” kata Dian di Pekanbaru, Kamis (11/4/2019).

Berdasarkan informasi dari sekretaris desa, penyerangan terjadi pada Minggu dini hari, 7 April 2019. Paginya, beberapa warga ke kandang ternak dan mengecek di sekitar lokasi tapi harimau sudah tidak di sana lagi.

“Jejak juga tidak ditemukan karena tersapu hujan, namun tiga pekan lalu ada warga mengaku melihat harimau,” sebut Dian.

Selain melihat, sejumlah warga di desa tersebut juga sering mendengar auman harimau tiap malamnya. Warga tidak berani keluar karena suara si raja hutan begitu dekat.

Oleh karena itu, Dian menghimbau warga mengurangi aktivitas di malam hari ataupun ke kebun. Warga diminta tak sendirian selama beraktivitas untuk menghindari serangan dari harimau.

“Informasi terus digali di lokasi, selanjutnya akan dipasang kamera pengintai. Nanti juga ada sosialisasi tentang satwa dilindungi,” ucap Dian.***/suk

Share