Kapolri Mutasi 22 Orang, Termasuk Beberapa Kapolda

JAKARTA – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melakukan mutasi terhadap perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri nomor ST/1201/IV/KEP/2019 dan ST/1202/IV/KEP/2019 tertanggal 26 April 2019.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal (Pol) Dedi Prasetyo saat dihubungi di Jakarta, Jumat (26/4/2019), mengatakan, rotasi di sejumlah jabatan strategis itu dilakukan karena sejumlah perwira telah memasuki masa pensiun.

”Mutasi ini dalam rangka menggantikan yang purnatugas, seperti Pak Irwasum dan Pak Kabaintelkam. Selain itu, ada juga promosi serta tour of area dan tour of duty dalam rangka meningkatkan kinerja dan penyegaran organisasi,” kata Dedi.

Dalam surat keputusan tersebut, Asisten Operasi Kapolri Irjen  Rudy Sufahriadi memegang jabatan baru sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat.

Rudy yang pernah menjabat Komandan Korps Brimob Polri ini menggantikan Irjen Agung Budi Maryoto yang akan menempati posisi baru sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Agung Budi Maryoto menggantikan Komjen Unggung Cahyono yang dipindahkan sebagai Perwira Tinggi Baintelkam Polri dalam rangka pensiun.

Komjen Moechgiyarto yang sebelumnya menjabat  Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri diangkat menjadi Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Moechgiyarto menggantikan Komjen Putut Eko Bayuseno yang dipindahkan sebagai Pati Irwasum Polri dalam rangka pensiun.

Posisi kapolda

Kapolri juga melakukan mutasi di sejumlah kapolda, di antaranya Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Irjen Martuani Sormin yang menjabat sebagai Kapolda Papua akan menggantikan posisi Rudi Sufahriadi sebagai Asops Kapolri. Posisi Kapolda Papua akan diisi oleh Brigjen (Pol) Rudolf Alberth Rodja.

Pergantian kapolda juga terjadi di Jateng. Irjen Rycko Amelza Dahniel akan menjabat sebagai Kapolda Jateng yang baru. Rycko Amelza Dahniel menggantikan Irjen Condro Kirono yang diangkat menjadi Kabaharkam Polri.

Hal serupa juga terjadi di NTB. Posisi Kapolda NTB akan diisi oleh Brigjen (Pol) Nana Sujana yang sebelumnya dijabat oleh Irjen  Achmat Juri.

Kini, Achmat Juri diangkat sebagai Gubernur Akademi Polisi Lembaga Diklat Polri.

Promosi jabatan juga didapatkan oleh Brigjen (Pol) Nico Afinta yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan dan Operasional (Karobinopsnal) Bareskrim Polri.

Nico Afinta diangkat dalam jabatan baru sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Total perwira tinggi yang dimutasi berjumlah 18 orang dan perwira menengah berjumlah 22 orang.

Share