Hari Ini Riau Kembali Dikepung 13 Titik Panas

PEKANBARU – Memasuki hari kedua Ramadhan, Selasa (7/52019) Propinsi Riau kembali dikepung 13 titik panas atau hotspot. Bahkan berada di level confidence >50%. Sedangkan 2 diantaranya diduga merupakan titik api (firespot) karena berada pada level confidence >70%.

Menurut keterangan Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, data ini berdasarkan data informasi titik panas yang terekam satelit update pulul 06.00 WIB tadi pagi.

“Satelit memperlihatkan di Provinsi Riau terdapat 13 titik panas atau hotspot update tadi pagi,” kata Marzuki.

Titik panas yang 13 ini muncul di 8 daerah, kabupaten dan kota di Provinsi Riau, seperti di Rohul, Kampar, Kep. Meranti, Dumai, Siak, Inhu, dan Inhil dengan masing-masing daerah tersebut terdeteksi 1 hotspot. Sedangkan untuk Kabupaten Pelalawan terpantau sebanyak 5 hotspot.

“Sedangkan untuk level confidence >70% terdapat di 2 daerah di Riau. Diantaranya Kabupaten Pelalawan 2 titik dan Kota Dumai 1 titik,” ujar Marzuki.

Selain Riau, ada 2 provinsi lagi di Sumatera yang terdeteksi ikut menyumbang hotspot. Diantaranya Kepri ada 2 titik dan Sumsel ada 7 titik (level confidence >50%).

Kondisi cuaca di Riau hari ini didominasi cerah berawan. Namun pada siang hari ini berpotensi terik dan panas. Sedangkan arah angin bertiup bertiup dari Selatan ke Barat dengan kecepatan 10 hingga 27 kilometer per jam.***/bpc

Share