Rutan Siak Rusuh, Napi Mengamuk dan Membakar Bangunan

SIAK – Rusuh menjelang sahur di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Siak Sri Indrapura, Riau, menyebabkan Rutan tersebut terbakar.

Kejadian diawali mengamuknya para nara pidana (napi) mereka membuat kerusuhan dan membuat kerusuhan membakar bangunan rutan. Sekejap api berkobar hebat di bagian depan rutan tersebut, Sabtu dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Terlihat seketika semua aparat turun ke lokasi, termasuk Kepala Rutan Kelas II B Siak Sri Indrapura, Gatot Suariyoko.

Pihak rutan dan kepolisian mencoba menenangkan warga binaan di dalam dan memasukkan mobil pemadam kebakaran area rutan. Aparat menyemburkan gas air mata ke dalam bangunan rutan.

Ternyata dibalas para napi. Dari dalam terlihat lemparan batu dan seperti mercon dan api mulai terlihat dari sisi kanan dari luar rutan. Api selanjutnya semakin membesar dan berkobar sampai ke atap pintu masuk rutan. Mobil pemadam kebakaran segera menyemprotkan air psda bagian bangunan yang terbakar.

Ratusan masyarakat juga terlihat menyaksikan peristiwa tersebut. Di dalam rutan sendiri ada 500 orang napi.

Saat terjadi kebakaran, sejumlah ledakan juga terdengar. Masyarakat sebagian ada yang histeris. terutama dari kaum perempuan yang berkemungkinan memiliki keluarga di dalam rutan.***/nai

Share