Warga Pekanbaru Bisa Tukar Uang Kecil di Halaman Kantor Gubernur

PEKANBARU – Mulai hari ini, Senin 20 Mei 2019, warga Pekanbaru yang ingin menukar uang kecil, tak perlu jauh-jauh, karema disediakan penukaran uang rupiah pecahan kertas di halaman kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman Pekanbaru.

“Kita layani masyarakat selama 5 hari, sampai Jumat tanggal 25 mei 2019 di halaman kantor Gubernur,” kata Kepala Kantor Perwakilan BI Riau, Decymus.

Menurutnya, jumlah rupiah dalam pecahan kecil yang disediakan untuk ramadan dan lebaran tahun ini sebanyak Rp28 miliar lebih. Dengan rincian pecahan Rp20 ribu tersedia sebanyak Rp12 miliar, pecahan Rp10 ribu tersedia sebanyak Rp6,6 miliar, pecahan Rp5 ribu tersedia sebanyak Rp6 miliar dan pecahan Rp2 ribu disediakan sebanyak Rp3,4 miliar.

“Penukaran bersama ini hanya melayani penukaran uang kertas dalam pecahan kecil, pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu. Penukaran selain dengan pecahan tersebut tak akan dilayani,” ujarnya.

Setiap penukaran per orang dibatasi berdasarkan jenis pecahannya. Seperti rupiah pecahan Rp10 ribu maksimal batas penukaran hanya Rp2 juta. Jumlah penukaran tersebut juga berlaku pada rupiah pecahan Rp5 ribu. Sedangkan pecahan Rp2 ribu, maksimal per orang boleh menukar sebanyak Rp1 juta.

“Kecuali untuk penukaran pecahan Rp20 ribu jumlahnya tidak kami batasi tapi menyesuaikan dengan jumlah uang yang tersedia,” kata Decymus.

Tahun ini BI menyediakan sebanyak Rp5 Triliun untuk kebutuhan penukaran uang selama ramadan dan lebaran 1440 H/2019. Ketersediaan uang untuk kebutuhan penukaran ini naik sekitar 5% hingga 10% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya tersedia Rp4,7 triliun.

Decymus mengatakan, selain dengan membuka fasilitas penukaran uang bersama, BI juga bekerjasama dengan beberapa perbankan untuk melayani kegiatan penukaran uang. Diantaranya BNI Cabang Rengat, BRI Cabang Dumai, BRK Cabang Pasir Pengaraian dan BRK Cabang Selat Panjang.***/bpc

Share