oleh

Ilmuan Menemukan Fosil yang Bisa Mengubah Sejarah Evolusi Manusia

-Dunia-10 views

SALISMA.COM РBaru-baru ini ilmuwan Rusia telah menemukan sebuah fosil yang bisa mengubah sejarah evolusi yang diketahui oleh umat manusia. Fosil ini diklaim sebagai tertua di dunia

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (01/10), fosil yang terlihat milik hewan mirip siput tersebut diprediksi sudah berumur 500 juta tahun. Menariknya, fosil tersebut memiliki bagian yang mirip tulang belakang.

Fosil tersebut ditemukan di tepi sungai Maya kota Yakutia, Siberia. Tempat yang dulunya laut itu dikatakan unik oleh ilmuwan karena diduga mengandung jumlah oksigen unik yang membuat hewan-hewan berevolusi lebih cepat.

Profesor Andrey Ivantov dari Intitut Paleontologi Russian Academy of Sciences mengatakan bila hewan purba yang telah menjadi fosil itu mempunyai struktur yang kompleks dan menjadi bukti bila hewan bertulang belakang sudah ada sekitar 20 juta tahun lebihawal dari perkiraan awal.

Di sisi lain, Profesor Zhu Maoyan dari Institut Geologi dan Paleontologi Nanjing mengungkapkan bila fosil tersebut adalah harta karun umat manusia.

“Jika benar fosil itu adalah yang tertua di dunia, spesimen hewan yang telah membatu di dalamnya adalah harta karun planet Bumi,” ujar Profesor Zhu.

Sebelumnya, fosil hewan bertulang belakang tertua yang ditemukan berasal dari China dan berasal era Cambrian, sekitar 480 juta tahun silam. Mamalia sendiri baru mulai muncul sekitar 310 juta tahun lalu.

(merdeka)